Android

Cara Mudah Root dan Unroot Samsung Galaxy Y Duos

root unroot galaxy y

Pada postingan ini saya coba bahas bagaimana cara melakukan root pada HP Android Samsung Galaxy Y Duos. Root di Android sama dengan Administrator pada Windows yang artinya user dengan hak akses tertinggi terhadap sistem dan tanpa batasan wewenang, atau dengan kata lain superuser. Kemampuan root sangat berguna dalam banyak hal seperti pada aplikasi Titanium Backup sampai Anti-Theft Avast yang membutuhkan hak akses sistem lebih dalam.

Oke kalau begitu langsung saja kita mulai tutorialnya.

1. Download dulu file “Update.zip” disini.

2. Setelah itu taruh file tersebut di sdcard HP kalian (letakkan diluar, jangan didalam folder)

3. Matikan HP kalian

4. dalam keadaan mati tekan dan tahan tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan sampai muncul menu Recovery Mode.

5. HP kalian akan masuk ke menu Recovery Mode, kemudian pilih “apply update from sdcard”, lalu pilih lagi “Update.zip”

6. Setelah itu pilih “reboot system now”

7. Selamat! Kalian sudah berhasil melakukan root pada Samsung Galaxy Y Duos. Untuk memastikannya kalian bisa cek apakah sudah ada aplikasi Superuser di HP kalian.

Sedangkan untuk melakukan Unroot caranya sama saja seperti diatas, hanya saja file yang digunakan berbeda. Untuk melakukan Unroot kalian bisa menggunakan file “Unroot.zip” yang dapat kalian download disini

Catatan:

  • Tutorial ini sudah saya test terlebih dahulu sebelum saya publikasikan
  • HP Samsung Galaxy Y Duos yang digunakan menggunakan Android versi 2.3.6 Gingerbread

Jangan segan untuk bertanya lewat kolom komentar dibawah apabila ada yang tidak mengerti 🙂

52 Comments

  • Om mau nanya nih…..
    gw kan habis nge ROOT samsung ace duos lewat root explorer (seperti langkah om yg di share)..
    trus gw hapusin dehh di system/app yg gw kira nggak perlu (gw lupa backup jg om)…
    nah, pas reboot tuh byk deh aplikasi yg terhapus..
    celakanya pas mau masuk googleplay nggak bisa tuh. disuruh nambah akun di perangkat gw.
    nah gw ke pengaturankan maw nambah akun google. eh ternyata akun google nggak bisa ditambahin. pas maw masuk ke app gmail jg nggak bisa. Gimana om solusinya buat ngembaliin app google sy 🙁

      • flash ulang maksudnya apa ya bro?
        gimana caranya? apa seperti install ulang tuh klo di PC yah?
        kemaren gw coba buat factory reset om… dan ternyata hasilnya nggak bisa masuk lagi om ke os androidnya… mentok di bagian yg disuruh klik gmbar android "touch android to begin" hehehe…. #tambah parah kayaknya 🙁

        • iya seperti install ulang klo di PC bro…
          biasanya pakai bantuan aplikasi Odin… coba deh search dengan kata kunci "cara flashing samsung galaxy y", banyak kok tutor nya di internet..
          saya belum sempat bikin postingan tentang flashing… hehe 😀
          kayanya gak bisa klo cuma di factory reset, soalnya itu ada yg ke hapus kan file sistem nya…

  • Ehhh… Bdw gw dapet masalah baru nih… Kan hapeku samsung galaxy ace duos. Itu sim1 nggak bis nelpon/sms bahkan cek pulsa nggak bisa. Biasa muncul MMI code invalid atau bahkan MMI lengkap. Padahal Sim2 normal aja. Provider sama pula. Gmn nih?

  • Saya mu nanya,young punya saya kan sudah di upgrade ke jelly bean sudah berhasil tpi saya mu di unroot nah setelah saya sudah mrlakukan unroot tuh ko
    Setelah menyala cuman sampai logo S yea gax bza ke layar home tuh g'mana min mengatasinya..

    • itu artinya hh agan bootlop…
      cara mengatasinya pertama, bisa coba di Hard Reset dulu…
      klo gak bisa terpaksa harus di Flash Ulang

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters