Iniliah yang Membedakan Windows 8 dan Windows RT

article_Windows8 rt

Iniliah yang Membedakan Windows 8 dan Windows RT

Kali ini Microsoft cukup sukses membuat bingung calon konsumennya. Secara kasat mata tentu kalian akan bingung membedakan UI Windows 8 dan Windows RT. Tampilannya sama-sama menggunakan gaya kotak-kotak. Fiturnya pun kurang lebih mirip. Lantas dimana perbedaannya selain Windows 8 untuk PC dan Windows RT untuk Tablet?

Untuk itu pada postingan ini saya akan coba membahas perbedaan yang paling mendasar antara Windows 8 dan Windows RT ini. Cekidot!

Metro UI

Inilah yang sekilas membuat Windows 8 dan Windows RT terlihat seperti satu kesatuan sistem yang sama. Lalu aplikasi apa saja yang dapat dijalankan keduanya? Akan terdapat dua aplikasi berbeda pada dua environment berbeda pula pada windows 8, yakni aplikasi metro dan aplikasi desktop.

Aplikasi Metro adalah aplikasi yang hanya terdapat pada environment metro yang dapat didownload melalui Windows Store. Baik Windows 8 maupun Windows RT dapat menjalankan aplikasi metro ini.

Sedangkan aplikasi desktop adalah aplikasi yang sering kita gunakan pada Windwos 8 maupun pada Windows-Windows versi sebelumnya seperti Windows 7 atau XP. Aplikasi-aplikasi ini tidak mendukung environment metro sehingga hanya bisa berjalan pada environment desktop. Jadi hanya Windows 8 yang bisa menjalankan aplikasi ini, Windows RT tidak bisa.

Desktop

Windows 8 dan Windows RT sama-sama memiliki desktop mode pada start screen nya. Desktop mode pada Windows 8 sama dengan dengan desktop yang sering kita gunakan pada Windows 7 maupun XP, dimana kita bisa menjelajahi berbagai macam file dan menjalankan berbagai macam aplikasi.

Sedangkan pada Windows RT, desktop mode hanya dapat digunakan untuk menjelajahi berbaga macam file dan beberapa aplikasi terbatas seperti My Computer, Document Folder, Libraries, Control Panel, Internet Explorer 10, MS Paint, Office, dan Notepad.

Hardware

Penggunaan hardware pada Windows 8 dan Windows RT jelaslah sangat berbeda. Dimana Windows 8 hanya dapat berjalan pada perangkat berbasis x86 seperti yang digunakan pada hampir semua PC saat ini, termasuk Mac. Hardware x86 sendiri terbagi menjadi dua yaitu 32 bit dan 64 bit. Jadi bisa kita simpulkan bahwa Windows 8 bisa berjalan pada semua perangkat PC.

Sementara Windows RT yang merupakan versi khusus dari Windows 8 hanya dapat berjalan pada chip ARM, yang artinya tidak bisa dijalankan pada arsitektur x86. Hampir semua perangkat seperti Android, iPad, dan lainya menggunakan chip ARM. Jadi Windows RT adalah sistem operasi yang diperuntungkan untuk perangkat mobile.

Office

Apabila kalian memiliki file installer Microsoft Office pada PC, jangan berpikir untuk meng-install nya pada Windows RT karena Office tersebut hanya bisa berjalan pada platform x86. Untuk itu Microsoft mengatakan akan membuat aplikasi Office khusus yang dapat dijalankan pada Windows RT.

Internet Explorer

Dan inilah masalah yang cukup serius. Jika pada Windows 8 kita dibebaskan untuk menggunakan berbagai macam browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera atau lain sebagainya, maka hal yang sama tidak terjadi pada Windows RT. Dalam Windows RT kita hanya disediakan Internet Explorer untuk menjelajah dunia maya tanpa bisa meng-install browser lain. Serius! Ini benar-benar masalah yang serius! Paling tidak bagi saya yang kurang menyukai browser Internet Explorer. 🙁

Comments

comments

Share this post