Review Lenovo P700i – Si Tahan Lama dengan Dual Core

Published by OM GADGET on

Brand Lenovo yang sebelumnya lebih dikenal dengan produk-produk laptop maupun PC nya ini kini perlahan mulai merambah segmen smartphone dan tablet. Tidak heran ketika saya mau membeli HP ini teman-teman saya mengira saya ingin membeli sebuah laptop. Nama Lenovo memang masih terdengar asing di ranah smartphone. Sekarang saya akan mencoba memberikan review kecil-kecilan pada HP Lenovo P700i. HP ini sudah sekitar 1 minggu yang lalu saya beli sejak postingan ini dibuat. Silahkan ‘dinikmati’ 😀

Desain & Bodi

HP Lenovo yang saya dapatkan ini berwarna putih. Sebenarnya saya ingin yang warna biru gelap, tapi berhubung stok yang ada waktu itu cuma ini ya tidak apa-apalah. Desainnya sendiri walaupun didominasi plastik tapi terlihat berkualitas dan cukup kokoh. Pada bagian depan didominasi oleh layar. Tombol fisik untuk menu, home, back, dan recent app digantikan dengan tombol sentuh kapasitif. Sedangkan pada bagian belakang hanya terdapat sebuah lubang speaker dan kamera yang tanpa ditemani lampu flash.

review lenovo p700i

review lenovo p700i

review lenovo p700i

Pada bagian sisinya sendiri terdapat tombol kamera dan volume up/down. Diatas bodi nya ada tombol power, port audio 3,5mm dan port usb/charger. Mengintip kebagian dalam bodi nya maka kita akan menemukan sebuah batre yang cukup tebal. Untuk slot kartu sim1, sim2, dan microsd saling berdekatan dan tumpang tindih. Cukup merepotkan untuk sekedar melepas-pasangnya.

review lenovo p700i

review lenovo p700i

review lenovo p700i

Layar  & User Interface

Lenovo P700i mengusung layar sentuh berteknologi IPS kapasitif dengan resolusi 480×800 piksel berukuran 4″. Ditambah kerapatan layar yang 233 dpi sudah barang tentu akan menyuguhkan tampilan yang jernih dan enak dipandang. Viewing angel yang didapatpun juga bagus, masih bisa terlihat jelas dari sudut manapun.

UI Lenovo p700i

UI Lenovo p700i

Beralih ke antarmuka kita akan menemukan home screen khas Lenovo yang bernama IdeaDesktop. Home screen ini mempunyai cukup banyak fitur dan pilihan untuk personalisasi. Terdapat 23 pilihan untuk mengganti ikon-ikon menu sesuai selera. Selain itu anda bisa menambahkan berbagai macam efek transisi maupun widget. HomeScreen ini juga menyediakan opsi mengganti tema.

UI Lenovo p700i

UI Lenovo p700i

 

Dual On & Konektifitas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ponsel ini mempunyai kemampuan Dual Sim On. Namun hanya sim1 saja yang bisa menggunakan jaringan 3G, sedangkan untuk sim2 harus puas dengan koneksi 2G. Selain Menggunakan jaringan operator kita juga bisa mengandalkan Wifi 802.11 b/g/n untuk berselancar didunia maya ataupun download. Untuk transfer antar perangkat juga sudah disediakan Bluetooth dan port micro USB.

Musik & Video

Untuk sektor musik standar saja, tidak ada yang spesial. Kalian bisa memutar file audio berformat MP3, WAV, WMA, maupun eACC+ dengan lancar. Keluaran speaker nya cukup kencang walaupun masih didominasi treble. Kita juga akan mendapatkan headset pada paket penjualannya. Namun sayang headset bawaan ini terkesan ‘seadanya’ karena suara yang dikeluarkan relatif datar dan hentakan bass nya saya rasa kurang.

Pada sektor pemutar video cukup bagus. Perangkat ini sanggup memainkan file video berukuran 720p dengan format mp4 cukup lancar. Seandainya menggunakan microsd class 10 mungkin video 1080p pun sanggup dilahap.

Kamera

Terdapat dua buah kamera pada Lenovo P700i. Pada sisi depan dengan resolusi VGA dan pada sisi belakang dengan resolusi 5MP (2592 Ñ… 1944). Hasil jepretan outdoor nya tergolong bagus dan tajam. Dengan kemampuan autofokus yang dimilikinya kita bisa menangkap gambar makro dengan cukup mudah. Untuk hasil indoor terlihat agak buram. Mungkin ini dikarenakan absennya lampu flash. Selain itu kamera belakang ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi HD 720p pada framerate 30Fps. Hasil keluaran video ini berformat 3GP.

kamera lenovo p700i

kamera lenovo p700i

kamera lenovo p700i

hasil kamera belakang indoor

kamera lenovo p700i

hasil kamera belakang outdoor

kamera lenovo p700i

outdoor, (kucing galak –“)

Performa

Dengan prosesor MTK Dual Core 1Ghz dan RAM 512MB seharusnya sudah cukup untuk menjalankan fitur-fitur Android saat ini. Dan memang benar, semua terasa lancar dan smooth. Tidak ada masalah untuk melakukan kegiatan multitasking, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. HP ini juga sudah memiliki PowerVR SGX531 sebagai pendukung dalam urusan olah grafis. Tidak heran jika HP ini mampu melahap game-game HD saat ini dengan lancar.

Berikut hasil uji coba performa menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, Quadrant Standar Benchmark, dan Nenamark 2. Pada pengujian menggunakan Quadrant Standar Lenovo p700i berhasil mengungguli LG Optimus X2 dengan selisih dangat tipis. Sedangkan pada Pengujian grafis menggunakan Nenamark 2 HP ini mentok pada 23 Fps. Dengan hasil yang seperti itu HP ini sudah mampu memainkan beberapa game HD seperti Dead Trigger maupun Temple Run 2 dengan lancar. Untuk uji coba multitouch layar P700i sanggup mengenali hingga 5 sentuhan sekaligus.

test performence lenovo p700i

Quadrant Standar Benchmark

Antutu benchmark

test performence lenovo p700i

Nenamark 2

test performence lenovo p700i

Multitouch Test

 

Memori & Baterai

Seperti yang sudah disebutkan diatas, RAM nya berkapasitas 512MB. Sedangkan memori internal nya dibagi dua, 1,83GB untuk data dan 754MB untuk sistem. Tersedia juga slot kartu memori eksternal yang mendukung hingga 32GB. Sayangnya microsd ini tidak disediakan dalam paket penjualannya.

Baterai merupakan salah satu keunggulan HP ini. Dengan kapasitas 2500 mAh kita tidak perlu lagi takut akan kehabisan baterai saat bepergian. Baterai ini bisa bertahan seharian penuh dengan pemakaian standar.

Kesimpulan

Dengan harga 1,9 jutaan kita akan mendapatkan sebuah smartphone Dual Core dengan kejernihan dari layar IPS dan baterai yang tahan lama. Beberapa nilai minus yang ada pada HP ini seperti absennya lampu flash saya rasa masih bisa diterima. Lenovo P700i cocok bagi kalian yang ingin merasakan kemampuan Dual Core namun dengan budget terbatas.

+ Dual Core
+ Layar jernih IPS
+ Dual SIM On
+ Baterai Awet

– Kamera tanpa lampu flash
– Tidak diberikan microsd dalam paket penjualan
– Kualitas headset standar

Comments

comments

(Visited 9 times, 1 visits today)

OM GADGET

Pecinta teknologi yang bersemangat. Seorang blogger dengan tingkat keingintahuan tinggi. Merupakan Admin sekaligus Author dari web om-gadget.com ini. Petualangannya dimulai pada tahun 2005 ketika dipercaya mewariskan sebuah komputer tua.

3 Comments

user · Aug 16, 2013 at 2:41 pm

Sekalian ditambah tips and triknya Om 😀

    OM GADGET · Aug 20, 2013 at 5:48 pm

    iya gan pasti ditambahin nanti… 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.