Mari Membahas Oculus Rift – Virtual Reallity Gaming Masa Depan

Mari Membahas Oculus Rift – Virtual Reallity Gaming Masa Depan

Halo sobat OM GADGET sekalian. Lupakan sejenak oprak-oprek Android dan antek-anteknya. Kali ini saya mau sedikit membahas Oculus Rift. Bagi yang belum tau, Oculus Rift adalah sebuat perangkat berbentuk seperti Google (kacamata selam) yang dapat memproyeksikan tampilan monitor langsung dihadapan mata kita. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan atmosfer gaming yang lebih reallity.

Apakah kalian pernah menonton anime SAO (Sword Art Online)? Dimana kita akan dibawa masuk kedalam dunia game seakan tinggal dan hidup disana. Oculus Rift akan membawa kita selangkah menuju mimpi itu. Untuk permulaan silahkan kalian lihat penampakan gambar Oculus Rift berikut ini.

Upps, tentu sulit ya kalau bermain game menggunakan Oculus Rift dengan controller berupa mouse dan keyboard (kecuali insting kalian sudah cukup tajam untuk mengenali setiap fungsi keyboard) seperti pada gambar laki-laki diatas. Paling gampang sih ya pakai contreoller berupa joystick sih. Semua gamer pasti hapal letak dan fungsi setiap tombol pada joystick ini. Atau jika ingin terasa lebih real kalian bisa menambahkan perangkat lainnya seperti Cyberith Virtualizer dan Wiimote seperti yang terlihat pada gambar dan video dibawah ini.

Asik yah kayaknya. Tapi emang rada ribet alat tambahannya seperti video diatas itu. Oculus Rift ternyata sudah ada yang menjual di Kaskus loh sob. Harga yang di banderol oleh seller nya total 4,5 juta rupiah. Menurutnya harga resminya 360USD atau sekitar 4jutaan rupiah. Itu harga hanya sepaket Oculus Rift nya aja loh. Jika kalian ingin Cyberith Virtualizer dan Wiimote kalian masih harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Mahal ya sob? Itu sih tergantung pendapat masing-masing. Tapi bagi saya harga segitu tergolong cukup mahal untuk sebuah perangkat yang hanya menampilkan gambar. Idealnya kalau menurut saya sih harganya berkisar di 100USD atau 1-1,5 jutaan rupiah. Kalau harganya 360USD saya rasa orang (apalagi orang Indonesia) akan berpikir dua kali untuk membawa Oculus Rift kerumah.

Yah semoga saja Oculus Rift bisa menjadi perangkat mainstream yang bisa dinikmati semua khalayak umum, tidak hanya kalangan atas atau kaum berduit tebal.

Sebagai penutup silahkan nikmati lucunya video Pewdiepie dan Markiplier dibawah ini dalam mencoba Oculus Rift. Tentunya dengan game horror!

Comments

comments

Share this post