Internet

OLX.co.id itu Tokobagus?

OM GADGET sedikit terkejut saat membaca disalah satu artikel media online bahwa tokobagus.com telah berganti nama menjadi olx.co.id. Walaupun yang berubah hanya logo dan namanya, sebagai pengguna yang cukup sering menggunakan layanan tokobagus OM GADET cukup kecewa mendengar kenyataan ini.

Alasannya antara lain disamping brand Tokobagus yang sudah melekat kuat sebagai situs marketplace terbesar di Indonesia, pengucapan dari OLX sendiri rasanya cukup sulit dan ribet. Coba perhatikan contoh percakapan dibawah ini.

Si X : “bro, gue bingung nih mau jual hp”

Si  Om : “coba lu jual di OLX.co.id bro, biasanya disitu lakunya cepet”

Si X : “oh, di Counter XL ya. Oke thanks bro”

Si Om : “……..”

atau ini

Si X : “bro, gue bingung nih mau jual hp”

Si Om : “coba lu jual di O.L.X. bro, biasanya disitu lakunya cepet”

Si X : “apaan tuh? oiya, kata si Anu hp nya laku gak nyampe sehari lo di tokobagus”

Si Om : “………”

Jadi agak aneh rasanya nyebutinnya. Tapi mungkin juga ini cuma faktor kebiasaan aja. Pertama kali melihat sekilas OM GADGET kira olx.co.id ini situs baru dari penyedia layanan telekomunikasi XL. Selain itu nama OLX sepertinya terkesan asing ditelinga, maksudnya tidak berasa Indonesia.

Berikut sedikit cuplikan kronologi alasan dibalik pergantian nama Tokobagus menjadi OLX.co.id yang OM GADGET kutip dari begawei.com.

OLX merupakan merk e-commerce global. OLX saat ini dimiliki oleh Naspers sebagai investor dengan saham terbesar dengan okongan dana sekitar $40 juta. Nasper sendiri mengatakan sejak awal bergabung dengan OLX akan melakukan langkah akuisisi beberapa situs jual beli yang terdapat di dalamnya. Naspers melalui OLX masuk ke Indonesia pada tahun 2010 dan menjadi investor yang mendukung sukses Tokobagus.

Setelah Tokobagus kini sukses sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Naspers diduga kuat mengakuisisi Tokobagus untuk menguatkan brand OLX.co.id. Dengan pergantian nama menjadi OLX.co.id tentu saja brand Tokobagus lama kelamaan akan pudar dan digantikan oleh OLX.co.id. Langkah pergantian ini juga dsebut seut sebagai langkah awal utnuk menguangkan Tokobagus, baik dengan iklan maupun metode lain. Seperti kita ketahui, dengan biaya iklan di media elektronik yang sangat besar tokobagus selama ini belum optimal untuk menjaring keuntungan.

Yup, sepertinya ini lagi-lagi masalah uang. Semoga saja situs lain kebanggan kita seperti KASKUS misalnya tidak ikut-ikutan berubah nama. Nah bagaimana dengan kalian sob? Apakah juga kecewa dengan pergantian nama tokobagus ini? atau ada yang punya pandangan lain? yuk di komen.

2 Comments

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters