Android

Cara Relock Bootloader (Restore TA) pada Sony Xperia M Single & Dual

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan Cara Unlock Bootloader Sony Xperia M Single & Dual yang lalu. Pada postingan sebelumnya cara relock bootloader tidak saya tuliskan karena saya sendiri belum ada niatan untuk melakukan relock. Tapi dikarenakan banyak yang menanyakan hal ini akhirnya saya putuskan bikin dalam postingan terpisah.

  1. Pastikan ADB sudah aktif
  2. Jalankan file Backup-TA.bat
  3. Hubungkan HH ke PC via USB
  4. Lihat lagi pada PC, Pilih Restore (tekan 2 > tekan Y)

Oiya, melakukan Relock Bootloader ini artinya sama saja dengan restore TA partition. Jadi dengan cara ini kalian bisa melakukan Relock tanpa kehilangan DRM Keys. Tanpa DRM Keys kalian tidak akan mendapat dukungan update dari Sony walaupun sudah melakukan Relock Bootloader.

Note :

  • HH akan di wipe data/format
  • Cek dial *#*#7378423#*#* > Service info > Configuration > Jika keterangan Bootloader Unlock Allowed : Yes berarti sudah berhasil di relock kembali

35 Comments

  • Darurat tingkat tinggi nie gan,
    Ane flash XMS,udh kelar tp malah bootloop,
    Trus skrg g bs flash mode(vol down g bs),
    Cm bs fastboot mode(vol up).
    Ada yg bs mecahin mslh ane,
    Atau ada cara lain selain pake flashtool.
    Please…!!

    • waktu flash wipe data nya sudah dicentang gak?
      waduh kok bisa sampe gak bisa masuk flashmode… -_-
      sebelumnya gak backup via cwm?

  • om… tolong lengkapin pke pic dong oom… ane super newbie msh lum nyambung oom, trlalu simpel step2 nya….

  • om saya kan pake root ubl, trus mau relock. udah nyobain caranya dari nomer 1 sampe trus cek di kode rahasia itu, tetep aja bootloader unlocked: yes. gimana nih? urgent mau dijual

    • pastikan file “backup ta” nya ada di folder backup…
      walaupun dijual dalam kondisi UBL saya rasa gak bakal ngenurunin harga hp nya… asalkan bodi dan performa masih mulus… 🙂

  • kalo buat backup TA harus keadaan root berarti otomatis kan harus di root dulu sedangkan untuk di root harus UBL dulu kan yah? atau gmna? klo UBL dulu brrt drmnya akan hilang dong 🙁 , memangnya hilangnya drm itu diakibatkan apasih om? dan klo di unlock trus di relock lagi apakah bakal bisa seperti semula lagi keadaanya seperti pertama kali beli ? dan semua dukungan sony apapun akan bsa kembali?

      • ooh jadi bisa yah di root tanpa UBL terlebih dahulu , klo untuk tipe xperia lainnya apakah bisa seperti ini agar drm nya aman dan bisa kembali lagi seperti semuala?

        • iya bisa asalkan masih jb 4.1
          untuk tipe xperia lainnya saya kurang tau gan, soalnya saya cuma punya xperia m…
          klo bagi saya kehilangn drm key tidak terlalu masalah sih.. 🙂

          • makasih yah om selalu di jawab 🙂 ,hehe maap nih bawel mulu nanya mulu hahaha , kenapa bagi om ga terlalu masalah kehilangan drm? bukannya kehilangan drm tuh gaenak jadi ibarat tuh smartphone udah ga official lagi gada dukungan dari sony nya dll deh malah saya sempet baca katanya seperti multimedia album segalanya gakan maksimal gmna tuh.. hehe , klo udah terlalunjur ilang gabisa nyelametinnya yah? 🙂

          • karana efek negatifnya gak terlalu besar menurut saya…
            kita cuma gak bakal dapat update firmware langsung dari Sony aja, dan hal ini masih bisa diakali dengan cara flash manual/offline…

            tidak, tidak ada pengaruhnya sama sekali terhadap multimedia seperti album dan lainnya… bahkan sebenarnya saya masih dapat update pembaruan untuk aplikasi seperti Album, Movie, dan Walkman…

            dari yang saya baca di forum-forum memang klo sudah terlanjur hilang gak bisa dibalikin lagi drm key nya…

    • hilangnya drm itu ya diakibatkan UBL..
      yup, bisa, asalkan sudah dilakukan backup TA sebelumnya…

      oiya, drm itu beda loh ya sama imei… 🙂

  • untuk dapetin update firmwaremanual/offline dmna om? hheheh soalnya back up kemaren ke format di HD komputer

  • misalkan saya full root jb 4.3 pake cara yang di web sini, otomatis kan harus ubl dulu atau unlocked bootloader dulu di 4.1 nya, nah kalau mau di relock, proses backup TA nya bisa langsung pas 4.3 atau harus downgrade dulu ke 4.1 ?

  • Gan waktu UBL xm gue di posisi 4.1, nah sekarang gue udah android 4.3. Kalau mau di relock harus downgrade ke 4.1 dulu atau langsung relock di 4.3?

  • gan UBL lamanya berapa menit sih? ane kok lama banget bootingnya. 20emenit lebih masih stuck di booting awal. cara batalinnya gimana ya? cabut baterai boleh nggak?

  • gan pas ane ubl posisi di jb 4.3, trus ane skrg make cusrom gan, untuk relock boatloadernya harus flash stock pas unlock itu gan? trus kalo relock harus diroot dulu gak?

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters