Kembalikan Data Hilang Atau Terhapus di Android

Kembalikan Data Hilang Atau Terhapus di Android

Kadang data-data atau file-file yang terdapat dalam sebuah smartphone jauh lebih berharga daripada smartphone itu sendiri. Cukup sering OM GADGET menemui keluhan dari teman yang tidak sengaja menghapus file-file penting dalam smartphone. Dan yang lebih parahnya lagi mereka tidak sempat atau lupa melakukan backup terhadap file tersebut.

Masalah ini bisa terselesaikan jika kalian punya PC ataupun laptop, seperti postingan yang pernah OM GADGET buat dengan judul berikut ini.

Nah sekarang bagaimana untuk mereka yang tidak memilik PC atau laptop dirumah? Bisakah hanya dengan bermodalkan sebuah perangkat Android? Jawabannya tentu saja bisa gan.

Perkembangan Android yang sangat cepat membuat aplikasi yang dulu hanya bisa berjalan pada komputer kini mulai sanggup dijalankan disebuah smartphone yang lebih portable. Aplikasi yang OM GADGET bahas disini adalah DiskDigger undelete. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store. Hanya saja untuk versi gratis ini kalian hanya bisa mengembalikan file bertipe image.

Gratis, download Disk Digger di Play Store

 

Berikut sedikit tutorial cara menggunakannya.

  1. Pilih lokasi folder yang ingin di scan > kemudian pilih Scan device
    1
  2. Pilih tipe file yang ingin dicari > OK
    2
  3. Aplikasi akan berjalan mencari file yang diinginkan. Lamanya proses tergantung seberapa besar size folder yang kalian scan.
    3 4
  4. Setelah proses pencarian selesai, pilih file mana saja yang ingin kalian kembalikan > pilih Save local
  5. Tentukan lokasi folder > OK

 

Note :

  • Tidak semua file bisa dikembalikan, walaupun bisa mungkin ada beberapa yang sudah rusak file nya
  • Versi gratis hanya mendukung pemulihan file tipe image

Comments

comments

Share this post