5 Penyebab Baterai Android Boros dan Solusinya Ala OM GADGET

5 Penyebab Baterai Android Boros dan Solusinya Ala OM GADGET

Apa keluhan yang paling umum dilontarkan pengguna Android pemula? Baterai yang boros! Mereka yang baru pertama kali memegang smartphone Android (hampir) pasti mengeluhkan borosnya baterai pada perangkat yang mereka gunakan dan langsung menjudge atau memberi statement “Android itu boros”. Apalagi bagi mereka yang sebelumnya menggunakan featurephone, perbedaannya akan cukup terasa.

Silahkan lanjut baca kebawah dan renungkan apakah OS Android yang bikin boros? Atau kapasitas baterai perangkat kalian yang terlalu kecil? Atau penggunaan kalian yang kelewat ekstrin? Atau mungkin itu semua hanya mitos!?

 

Internet yang selalu aktif

Perangkat Android rasanya kurang afdol jika tidak bisa terkoneksi ke internet. Bahkan kalau perlu terus-menerus terkoneksi selama 24 jam agar terus update informasi terkini. Hal ini tentu saja berdampak pada baterai yang lebih boros dimana akan terjadi proses upload-download secara terus-terusan.

Solusi : Sesekali matikan paket data, atau jika tersedia gunakan Wifi saja. Penggunaan internet via wifi lebih hemat baterai ketimbang menggunakan paket data operator selular.

 

Sinyal tidak stabil

Jika internet yang selalu aktif saja sudah membuat baterai cukup boros, hal ini bisa diperparah dengan kualitas sinyal tempat agan berada yang tidak stabil. Kombinasi keduanya bahkan bisa membuat perangkat android yang agan gunakan kelewat panas atau overheat.

Solusi : Jika hal ini terjadi sebaiknya segera matikan dulu Paket Data agan.

 

Kesalahan Install Aplikasi

Yang namanya pengguna kadang main install aplikasi aja secara membabibuta pada perangkat Android. Jika kebetulan aplikasi yang diinstall tidak stabil (sering force close), hal ini juga ikut memberikan andil menguras baterai.

Solusi : uinstall aplikasi bermasalah tersebut.

 

Aplikasi yang Berjalan di Background

Aplikasi seperti homescreen maupun chatting biasanya akan terus berjalan di background bagaimanapun keadaanya. Apalagi aplikasi chatting yang selain berjalan dibackground akan terus meminta koneksi internet agar bisa selalu terhubung. Ini juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan baterai cepat habis.

Solusi : Saran saya jangan terlalu banyak install aplikasi seperti itu. Atau jika agan tidak ingin menghapusnya, agan bisa coba baca postingan Menambah Free RAM Android dengan Greenify Donate. Dengan cara ini selain meringankan kinerja RAM juga bisa meringankan kinerja baterai karena aplikasi yang berjalan di background lebih sedikit.

 

Perilaku User

Kelakuan pengguna yang sembrono juga kadang bikin baterai smartphone habis dalam sekejap. Kelakuan yang OM GADGET maksud disini adalah menggunakan smartphone secara terus-menerus layaknya sebuah PC. Bahkan memaksakan menginstall game yang diluar kemampuan smartphone tersebut. Ditambah internet yang terus tersambung. Komplitlah sudah, bersyukurlah jika HH agan tidak meledak… hehe

Solusi : Pokoknya jangan berlebihan aja. Sesuatu yang berlebihan itu pasti menghasilkan sesuatu yang tidak baik.

 

Selain dengan cara diatas kalian juga bisa mengurangi panas dari android yang bisa kalian baca pada postingan berikut ini.

Comments

comments

Share this post