Android

Cara Memperbaiki Android Bootloop Tanpa Flash Ulang

Android-Screenshot

Bootlop merupakan bagian tak terpisahkan dalam dunia pengoprekan Android. Walaupun kita sudah sangat berhati-hati dan teliti tetap saja kadang masih kena bootlop. Kalau sudah begini tidak banyak yang bisa dilakukan karena kita tidak bisa masuk ke home screen. Kebanyakan orang akan langsung melakukan Flash ulang atau restore via cwm (NAND Backup). Tapi kedua cara tersebut punya kelemahan yaitu prosesnya yang lama.

Jika kalian cukup sering melakukan mod biasanya tahu file apa yang menyebabkan bootlop. Contohnya saja mod systemui seperti pada artikel Cara Pasang Z1 Compact SystemUI pada Semua Xperia JB 4.3 dan Cara Pasang Bar Notification (SystemUI) Xperia Z2 pada Sony Xperia M.

Jika saat pasang mod tersebut HH agan mengalami bootlop sudah pasti masalahnya ada pada file systemui.apk. Yang harus agan lakukan hanyalah me-replace file systemui.apk tersebut dengan file systemui.apk yang lama (asli) sebelum agan melakukan mod.

Tapi bagaimana cara me-replace nya jika masuk homescreen saja tidak bisa? Oke silahkan lanjut baca tutorial dibawah dan agan akan mengerti.

1. Download dulu aromafm-1.91.zip

2. Taruh aromafm-1.91.zip di microsd (sdcard1)

3. Matikan HH

4. Masuk ke mode CWM

5. Pilih install zip > choose zip from /storage/sdcard1 > pilih aromafm-1.91.zip > yes

6. Akan tampil file manager dimana kalian bisa melakukan copy, cut, maupun delete seperti biasa

 

Apabila cara diatas tidak menyelesaikan masalah, jika anda pengguna Sony Xperia saya sarankan membaca artikel Cara Flash (Update) Offline Sony Xperia

11 Comments

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters