Android

Compare Android vs iOS dalam Gaming

android21

Penggunaan handphone sekarang sudah tidak terbatas hanya pada telepon dan sms saja, tapi lebih mengarah ke hiburan. Diawali kemunculan iOS yang memperkenalkan perangkat full touch screen dan ketersediaan aplikasi dan games pihak ketiga yang berlimpah, hingga diikuti kemunculan Android yang menginvasi seluruh seluruh segmen harga dengan keragaman perangkatnya.

Popularitasnya keduanya (Android dan iOS) yang semakin menjulang akhirnya melahirkan 2 kubu, yang apabila bertemu (biasanya) akan saling menghujat. Biasa saya temui di forum-forum maupun media sosial.

Kalian bisa baca mengenai sepak terjang Android dari awal hingga sekarang yang dikemas menarik dalam bentuk komik pada postingan berikut ini.

Melihat spesifikasi hardware smartphone yang semakin ‘sangar’ lantas menjadikannya sebagai media hiburan, terutama gaming, yang semakin hari mulai mendekati grafis konsol. Nah untuk itu disini saya sampaikan kelebihan dan kekurangan Android dan iOS dalam hal gaming. Ingat! Hanya poin yang berhubungan dengan kebutuhan bermain game.

 

1. Harga Perangkat

+1 Android

Poin ini biasanya yang sangat penting saat kita memutuskan membeli sebuah smartphone. Tidak mungkin kita membeli smartphone yang terlampau jauh dari budget dan pendapatan kita. Untuk hal ini sudah pasti dimenangkan oleh Android. Android tersedia mulai dari harga dibawah 1 juta hingga yang berharga lebih dari 8 juta. Bahkan smartphone Android yang di banderol dibawah 1 juta, meskipun mengusung spesifikasi yang lebih rendah, masih sanggup memainkan game-game casual ringan dengan grafis 2D.

Sedangkan iOS? Jangan berharap Apple akan mengeluarkan perangkat iPhone dibawah 2 juta. iPhone 4S keluaran lama dengan memori 8GB pun masih dibanderol diatas 3 juta rupiah.

 

2. Harga Game

+1 Android
+1 iOS

Tidak kalah pentingnya, harga game juga menentukan apakah game tersebut akan kalian install atau tidak pada perangkat yang sudah mahal-mahal kalian beli. Jika dilihat sekilas pada poin ini sepertinya Android lebih unggul. Dimana game yang ada pada Play Store sebagian besar gratis. Berbanding terbalik dengan yang terdapat pada App Store dimana hampir semuanya berupa game berbayar.

Tapi jika diamati lebih detil lagi sebenarnya poin ini berimbang atau bisa dikatakan beda-beda tipis aja. Karena biasanya game-game di Android tidak murni gratis melainkan menganut sistem freemium, dimana biasanya didalamnya terdapat item-item yang hanya bisa dibeli menggunakan mata uang sungguhan. Selain itu biasanya juga disisipi iklan didalam permainannya. Tapi saya secara pribadi tidak keberatan melihat beberapa iklan kecil seperti pada game Angry Birds versi Android ketimbang harus mengeluarkan uang.

 

3. Ketersediaan Game

+1 iOS

Hingga kini jumlah game yang tersedia di App Store masih lebih banyak ketimbang di Google Play. Banyak judul game yang hanya tersedia secara ekslusif di App Store untuk iOS. Bahkan sekalipun game tersebut tersedia di kedua platform biasanya akan lebih dulu rilis di iOS, baru beberapa minggu (mungkin juga beberapa bulan) setelah itu dirilis di Android.

Tapi kalian tidak perlu khawatir. Walaupun dalam hitung-hitungan angka game di Google Play masih kalah dari App Store, pada kenyataannya kalian tidak akan terlalu merasakan perbedaan ini. Karena game-game yang ada di Google Play sendiri sudah sangat banyak dan juga berkualitas.

 

4. Kompetibilitas

+1 iOS

Apa saja model iOS yang dirilis Apple? Saya yakin kalian bisa menyebutkan semuanya setidaknya 80% dari generasi iOS awal hingga sekarang iOS terbaru. iOS adalah sistem operasi tertutup, yang artinya tidak bisa digunakan sembarang orang, yang artinya lagi hanya bisa digunakan pada perangkat keluaran Apple. Contohnya saja iPod Touch, iPhone, hingga iPad. Apple juga tidak banyak mengeluarkan berbagai macam variasi sekaligus setiap tahunnya. Hal ini membuat para developer dengan mudah membuat game yang cocok untuk semua perangkat iOS karena modelnya tidak terlalu banyak.

Bagaimana dengan Android? Tidak usah ditanya lagi. Kita semua tahu Android didukung banyak vendor dan berada disemua segmen harga yang mengakibatkan spesifikasi tiap ponsel yang sangat, sangat, beragam adanya. Sudah pasti ini menjadi kesulitan tersendiri bagi developer untuk membuat game yang cocok disemua perangkat. Karena tidak mungkin bagi developer untuk menguji game buatannya pada semua perangkat android yang ada.

 

5. Dukungan Update OS

+1 iOS

OS yang selalu di update dan semakin baru tentu menawarkan kinerja yang lebih baik. Tidak terkecuali dalam hal performa game.

Untuk hal ini saya akui Apple memang benar-benar memberikan pelayanan terbaik. Tidak hanya untuk perangkat baru, bahkan perangkat yang dirilis 3 tahun sebelumnya pun masih mendapatkan dukungan update OS dari Apple.

Berbeda dengan Android, Google menyerahkan sepenuhnya keputusan memberikan update pada vendor yang bersangkutan (kecuali seri Nexus). Tidak jarang hal ini menyebabkan perangkat yang berumur lebih dari 1 tahun tidak mendapat update OS terbaru lagi. Walaupun dapat biasanya itu hanya untuk perangkat high-end yang berharga mahal.

 

Kesimpulan

Jika kalian lihat dari 5 poin diatas sudah bisa disimpulkan mana yang lebih unggul dalam hal gaming. Yup, iOS banyak menawarkan pengalaman gaming yang lebih maksimal. Dan sayangnya hal ini juga diikuti dengan banyaknya uang yang harus kalian keluarkan dari membeli perangkatnya hingga game-game nya. Walaupun itu memang cukup sepadan dengan yang akan kalian dapatkan.

Disisi lain Android menang telak jika membicarakan masalah harga. Dan memang poin ini lah yang membuat Android merajai penggunaan smartphone diseluruh dunia.

Pendapat saya? Saya pribadi akan lebih memilih Android. Karena memang itulah yang sesuai dengan kemampuan saya sekarang. Jika kelak ada dana berlebih mungkin saya juga akan mebeli iOS.

Bagaimana dengan kalian? Pilih Android atau iOS untuk gaming? Atau ada poin yang kurang? comment dibawah ya.

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters