9 Tips Menghemat Kuota Internet pada Android

9 Tips Menghemat Kuota Internet pada Android

9 Tips Menghemat Kuota Internet pada Android

Sejak Android booming penggunaan data pada perangkat seluler semakin meningkat. Sudah menjadi rahasia umum jika pengguna Android sangat rakus dalam pemakaian kuota internet.

Bagi mereka yang baru saja beralih dari feature phone ke smartphone (khususnya Android) mungkin akan terkejut dengan kuota yang cepat habis ataupun pulsa yang suka terkuras sendiri.

Tapi jangan buru-buru nyalahin operator yang digunakan ya, ini bukan seperti kasus “curi pulsa” yang dulu ramai di media-media itu kok. Ini cuma ulah smartphone yang selalu ingin terkoneksi ke jaringan internet.

Bagi kalian yang punya kuota internet pas-pasan mungkin bisa mencoba 9 tips dari OM GADGET berikut ini.

 

1. Matikan Paket Data Ketika Tidak Digunakan

Banyak aplikasi yang berjalan di background terus-menerus menggunakan paket data tanpa kita ketahui. Mematikan paket data merupakan pilihan tepat jika saat itu kalian memang tidak membutuhkan koneksi internet.

2. Menggunakan Opera Mini untuk browsing

Sejak kehadiran ponsel berplatform java Opera Mini sudah terkenal dengan kemampuannya mengkompresi sebuah halaman web sehingga me-load halaman menjadi lebih cepat dan penggunaan data juga menjadi lebih sedikit.

Gratis, download Opera Mini di Play Store

3. Aktifkan Fitur Reduce Data Usage pada Chrome

Jika kalian lebih suka browsing menggunakan Chrome setidaknya kalian bisa mengaktifkan fitur Reduce Data Usage agar halaman yang dibuka tidak terlalu menguras kuota kalian. Walaupun begitu fitur kompresi pada Chrome belum bisa sehemat seperti yang ada pada Opera Mini.

4. Jangan Gunakan Video HD saat Nonton di Youtube

Akan lebih baik sih jika kalian tidak nonton video youtube di HH. Tapi kalau tetep pengen juga kalian bisa beri ceklis pada Limit mobile data usage agar secara default video yang di buffer tidak menggunakan kualitas HD dan tentunya lebih hemat.

5. Simpan Halaman Offline Google Maps

Ada baiknya kalian memanfaatkan fitur ini pada tempat tertentu yang sering kalian kunjungi. Jadi saat kalian ingin menggunakan Google Maps pada tempat yang sama kalian tidak perlu me-load peta nya lagi.

6. Jangan Bersihkan Cache Browser

Contohnya saja pada Chrome, semakin sering kalian melakukan browsing maka data cache halaman yang disimpan pun semakin banyak. Cache ini berguna untuk mengurangi halaman yang didownload saat kalian mengunjungi web yang sama sehingga browser tidak perlu lagi me-load seluruh content. Namun disisi lain cache ini memang akan menghabiskan kapasitas memori kalian.

7. Kompres Gambar Sebelum di Upload

Sebelum kalian meng-upload gambar ke media sosial ada baiknya gambar tersebut di kompres terlebih dahulu sehingga selain proses upload menjadi lebih cepat penggunaan data juga akan jadi lebih sedikit. Untuk melakukannya kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi AVG Image Shrink & Share yang tersedia secara gratis di Play Store.

Gratis, download AVG Image Shrink & Share di Play Store

8. Pantau Penggunaan Data

Jika kalian pengguna HH Sony Xperia kalian bisa memantau melalui Settings > Data Usage. Jika ingin hasil yang lebih lengkap kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi Onavo Count yang bisa memantau penggunaan kuota kalian dan melihat aplikasi apa saja yang paling banyak memakan kuota.

Gratis, download Onavo Count di Play Store

9. Restrict Background Data

Dengan cara ini kalian bisa mencegah aplikasi-aplikasi dalam menggunakan paket data ketika berjalan di background. Jadi intinya aplikasi-aplikasi tersebut hanya akan menggunakan paket data ketika kalian menjalankan aplikasi tersebut. Untuk mengaturnya bisa kalian buka pada Settings > Data usage > Options

Comments

comments

Share this post