Review & Bahas Perubahan pada Kitkat 4.4.2 Sony Xperia M2

Review & Bahas Perubahan pada Kitkat 4.4.2 Sony Xperia M2

Beberapa hari yang lalu Sony akhirnya merilis update Kitkat 4.4.2 untuk wilayah Indonesia yang memang sudah ditunggu-tunggu para user Xperia M2.

Berawal dari laporan salah satu member grup yang mendapatkan notifikasi update, beberapa saat kemudian isi postingan grup penuh dengan berbagai pertanyaan dan screenshot terkait apa yang baru pada Kitkat ini.

OM GADGET juga tidak mau ketinggalan. Setelah mendengar kabar itu langsung saja saya sambar XM2 yang masih tercolok charger dan cek di Update Center. Dan setelah di refresh benar adanya muncul pemberitahuan untuk melakukan update sistem versi 18.3.B.0.31.

Langsung saja XM2 saya colok ke PC via USB dan update melalui PCC. Sayangnya update melalui PCC ini mengharuskan kita men-download keseluruhan sistem yang size-nya berkisar antara 700-800an MB. Dengan kondisi internet yang super lelet OM GADGET membutuhkan waktu semalaman penuh hingga akhirnya Xperia M2 ter-update menjadi Kitkat.

Kalian juga bisa baca-baca Review beserta Unboxing Sony Xperia M2 pada postingan berikut ini.

Eh, tapi sebenarnya kalian juga bisa melakukan update langsung melalui HH yang biasa disebut OTA. Ternyata ada sedikit trik nya untuk bisa melakukan ini, baru saja tadi katemu di grup caranya. Akan OM GADGET bahas caranya pada akhir postingan ini. Selain lebih praktis karena tidak membutuhkan bantuan PC, size yang perlu kita download juga lebih kecil, hanya berkisar 300an MB.

Kembali ke topik, berikut beberapa perubahan yang saya rasakan pada 4.4.2 Kitkat ini.

  • Tersedia opsi Move to Sdcard walaupun terbatas hanya pada aplikasi tertentu.Fitur yang telah lama hilang sejak era Android JB 4.1, 4.2, hingga 4.3. Saya rasa ini adalah yang paling ditunggu-tunggu pengguna XM2, salah satunya dikarenakan root yang cukup susah dan kurang stabil pada XM2 ini.
  • Notification Bar berubahsekarang terbagi menjadi 2 panel untuk notifikasi dan quick setting.
  • Fullscreen yang benar-benar fullscreen. – Artinya kalian tidak akan melihat lagi Navigation Bar saat fullscreen. Contohnya saja saat bermain game. Untuk memunculkannya cukup swipe kebawah pada bagian atas layar.
  • Lockscreen berubah sedikit dimana shortcut camera menjadi dibawah.sayangnya animasi membuka layarnya tidak berubah seperti yang ada pada Xperia Z.
  • Oh iya ada menu baru pada setting yaitu Cloud Print. – Dari namanya sudah pasti untuk mem-print walaupun saya belum coba.

 

Berikut beberapa screenshot nya.

 

Cara Update langsung di HH (OTA)

1. Masuk ke Settings > Apps > All > Update Center

2. Pilih Clear Data

3. Reboot

4. Sekarang coba lakukan refresh lagi pada Update Center

 

Kira-kira itulah yang OM GADGET rasakan saat pertama kali update ke Kitkat. Ada yang tertinggal? Silahkan tambahkan di kolom komentar gan.

Comments

comments

Share this post