7 Tips Oprek Android yang Aman

7 Tips Oprek Android yang Aman

Sudah 2 Minggu nih OM GADGET gak sempat menampakkan diri disini. Tiba-tiba diserbu tugas perkuliahan dari berbagai lini dalam waktu bersamaan bikin OM GADGET kewalahan juga. Alhasil ini blog gak sempat kesentuh beberapa minggu terakhir ini. Beberapa komentar pun menumpuk baik dari blog ini maupun dari Fan Page.

Tapi berhubung badai tugas sudah mereda, OM GADGET akan berusaha kembali update postingan dan nyicil jawab komentar-komentar yang masuk.

Kembali ke topik. Berapa dari kalian yang masih takut melakukan oprek pada Android? OM GADGET rasa agan-agan sekalian yang ada disini sudah pada berani dalam hal oprek-mengoprek Android. Karena para pengunjung yang datang kesini kebanyakan berasal dari search engine, yang artinya mereka yang hatinya sudah mantap dan tidak sabar ingin melakukan oprek.

Tapi walaupun begitu pastilah masih ada beberapa yang merasa ragu-ragu ataupun bingung harus memulai dari mana. Berikut OM GADGET berikan sedikit tips apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan oprek agar aman dari kejadian tidak menyenangkan seperti kehilangan data dan semacamnya.

1. Siapkan Mental!

Ini adalah modal yang paling utama. Siapkan mental dan jangan takut akan kegagalan. Anggap setiap kegagalan sebagai tantangan. Tanamkan dalam pikiran kalian bahwa setiap masalah pasti ada solusinya.

2. Jangan Malas Mencari & Membaca

Sebelum memutuskan mengoprek sebaiknya kalian baca dengan teliti terkait apa yang ingin kalian oprek. Jangan hanya dari satu sumber, tapi cari dari sumber-sumber lainnya.

3. Cari dan Baca dari Sumber Terpercaya

Carilah website atau blog yang sudah terpercaya. Bisa dari rekomendasi user lain ataupun dilhat dari komentar yang masuk pada postingan suatu blog tersebut jika kalian baru sekali mengunjunginya. Misalnya blog om-gadget.com ini. Hehee.

4. Let’s Do It!

Mencari dan membaca dari berbagai sumber sebagai panduan maupun referensi memang bagus. Tapi jangan terlalu banyak juga. Kalau terlalu banyak membaca kapan prakteknya. Membaca hingga lima dari sumber yang berbeda OM GADGET rasa sudah cukup. Sedikit catatan, pengalaman memberi nilai ilmu yang lebih penting dan berharga ketimbang cuma membaca. Untuk melakukan poin ini kembali lagi ke masalah poin nomor 1, mental.

5. Backup

Biasakan melakukan backup data-data yang kalian rasa penting. Entah itu sms, kontak, aplikasi maupun file lainnya. Sebesar apapun pengalam kalian dalam hal oprek Android tetap jangan pernah lupakan poin ini. OM GADGET sendiri selalu melakukan backup setiap kali sebelum melakukan oprek yang belum pernah OM GADGET lakukan sebelumnya.

Tapi yang namanya manusia pasti ada aja nanti yang bikin lupa ngelakuin backup. Entah itu emang lupa atau ngerasa sudah cukup mahir ngoprek sehingga gak perlu melakukan backup lagi. Jika nasib kalian lagi apes kehilangan data berharga kalian, mungkin artikel berikut ini bisa membantu.

6. Siapkan Bahan Flashing

Ini tidak kalah pentingnya dari poin 5 diatas, siapkan bahan-bahan flashing seperti misalnya flashtool (untuk smartphone Xperia series) dan firmware. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi setelah kita melakukan oprek. Bisa berhasil, bisa tidak berpengaruh/berbeda sebelum di oprek, atau bisa juga malah kena bootlop. Jika sudah kena bootlop cara mengobatinya biasanya dengan cara melakukan flashing (atau install ulang sebutannya jika dalam Windows PC).

Yang jadi masalah biasanya ada pada size bahan-bahan flashing yang besar. Contohnya saja pada Sony Xperia M2 untuk melakukan flashing setidaknya dibutuhkan flashtool (170an MB) dan firmware (700-800an MB). Ini jadi masalah bagi yang koneksi internetnya lelet atau bahkan gak punya koneksi internet dirumah. Untuk panduan flashing sendiri bisa kalian lihat pada artikel berikut (untuk pengguna Xperia series).

7. Jangan Mudah Menyerah

Bootlop? Masih bisa di flash ulang. Matot (mati total)? Masih bisa dibawa ke Service Center. Mentok? Masih bisa tanya ke forum-forum atau ke blog om-gadget.com ini. Siapa tahu OM GADGET atau pengunjung lainnya yang ada disini punya solusi. Ya intinya jangan malas aja buat terus mencoba. Siapa saja yang suka bekerja keras pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan kok. Hehee.

OM GADGET rasa itu saja poin-poin penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan oprek pada Android. Biasanya sih mereka yang ragu-ragu dalam mengoprek itu terkendala pada poin nomor 1 yaitu mental. Apalagi jika smartphone tersebut baru berumur beberapa minggu. Ada perasaan sayang dan takut berlebih jika terjadi apa-apa pada smartphone kesayangan tersebut. Tapi itu hal yang lumrah kok, OM GADGET sendiri dulu juga begitu saat pertama kali pegang Android. Sesuatu yang baru pertama kali dilakukan itu memang bikin deg-deg an. Tapi jika sudah terbiasa kedepannya akan gampang kok.

Bagaimana dengan kalian? Apa yang kalian rasakan saat pertam kali melakukan oprek? Masihkah kalian merasa takut sekarang? Share di comment pengalaman kalian yah.

Comments

comments

Share this post