Mengenal Android One dan 4 Hal Menariknya

Mengenal Android One dan 4 Hal Menariknya

Sekarang lagi marak-maraknya nih pemberitaan mengenai perangkat Android One. Baik diberbagai media maupun forum-forum. OM GADGET pun tentu tidak mau ketinggalan mengorek informasi tentangnya. Lalu apa sih yang menarik dari Android One ini? Oke mari kita bahas satu-satu.

Android One adalah sebuah proyek ambisius Google yang ingin membawa smartphone, atau lebih tepatnya akses internet agar bisa dirasakan semua orang. Google juga menjanjikan bahwa perangkat Android One ini anti lag. Menurutnya Android One sudah mereka optimasi sedemikian rupa dan memberikan beberapa tweaking agar bisa berjalan dengan gegas.

Kalian tahu kan seri nexus dari Google? Nah Android One bisa dikatakan seperti versi murah dari Nexus. Dimana dengan banderol berkisar 1 juta rupiah sudah jelas Android One menyasar segmen entry-level.

Hingga saat ini baru ada 3 vendor yang dijinkan dan diakui oleh Google untuk menjalankan Android One. Mereka adalah Mito, Nexian, dan Evercross.

Berikut adalah 4 hal menarik yang OM GADGET tangkap dari Android One ini.

Spesifikasi Serupa

Mengenal Android One dan 4 Hal Menariknya

Coba lihat gambar diatas. Ketiga-tiganya memiliki spesifikasi sama persis. Jangan heran melihatnya karena hal ini merupakan salah satu peraturan mutlak dari Google.

Mungkin ini dilakukan untuk menjaga performa Android One agar tidak nge-lag dan tetap murah. Juga sepertinya untuk memudahkan Google dalam memberikan update.

Update Langsung Dari Google

Seperti halnya seri Nexus, Android One mendapatkan keistimewaan sebagai perangkat yang akan mencicipi pertama kali setiap kali ada update terbaru versi Android langsung dari Google. Jadi kalian tidak perlu lagi merasakan capek nya menunggu kepastian update dari vendor yang tidak kunjung datang.

Performa Lebih Cepat

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, Google menjanjikan performa Android One ini anti lag. Entah bagaimana optimasi yang dilakukan Google sehingga berani memberikan klaim ini. Untuk masalah ini memang harus dibuktikan lebih lanjut.

Hemm semoga saja blog OM GADGET ini nanti berkesempatan mencicipi dan mebuktikannya. Tapi jika dilihat dari spesifikasinya sih sudah cukup bagus untuk penggunaan harian.

Murah

Sudah pasti inilah faktor yang membuatnya sangat menarik. Dengan harganya yang berkisar 1 juta rupiah, Android One akan menggoyang singgasana nyaman sebagai smartphone best value yang sementara masih diduki oleh Zenfone 4. Xiaomi dengan seri Redmi nya pun mungkin juga harus mulai waspada.

Mengenal Android One dan 4 Hal Menariknya

Dengan hadirnya Android One praktis persaingan akan semakin memanas. OM GADGET masih penasaran bagaimana dengan reaksi para vendor besar seperti kedepannya. Apakah mereka akan banting stir merilis HH saingan sendiri seperti Asus dengan Zenfone 4 nya. Ataukah mereka akan bergabung dengan ‘aliansi’ HH murah Android One.

Jika mereka membuat keputusan menghadirkan HH Android One tentu mereka harus menerima konsekuensi terbatasnya kustomisasi yang bisa dilakukan. Akan sangat menarik sepertinya jika Samsung atau Sony ikut menggunakan Android One.

Mengenal Android One dan 4 Hal Menariknya

Dari 4 hal menarik yang sudah disebutkan diatas, OM GADGET paling tertarik dengan dukungan update yang langsung diberikan oleh Google. Rasanya ini merupakan fitur yang tidak akan bisa ditiru oleh vendor lainnya yang perangkatnya bukan termasuk Android One.

Semoga dengan fitur ini pihak vendor bisa terpacu agar tidak sering-sering mem-PHP pengguna low-end dengan janji-janji manis update terbaru yang pada akhirnya nol besar.

Apakah agan-agan yang membaca artikel ini juga tertarik dengan perangkat Android One ini? Apa fitur yang menurut kalian paling menarik? Tulis di kolom komentar ya.

Comments

comments

Share this post