Android Gadget

Mengenal Wabah ‘Ebola’ Xperia M, Decrypt Storage!

Ini nih penyakit yang lagi hot-hot nya, Decrypt Storage. Kelakuannya sudah seperti virus ebola saja, menjangkiti perangkat satu-persatu. Walaupun tidak sama persis dengan Ebola tapi dampak yang ditimbulkan sama-sama berujung pada kematian HH tersebut.

Hemm mungkin kurang tepat kalau saya sebut kematian. Mungkin lebih tepat kalau disebut akan merubah perangkat kalian bagaikan zombie. Karena HH kalian sebenarnya tidak benar-benar mati dan masih bisa nyala dengan normal, tapi sialnya kalian tidak akan bisa menggunakannya.

Berbagai upaya telah dilakukan seperti melakukan Wipe Data, Flashing, bahkan sampai gonta-ganti ROM tapi tetap tidak bisa membuat si HH kembali normal. Kalau sudah seperti ini sepertinya HH kalian terpaksa hanya menjadi gantungan tas.

Sekarang mari kita bahas satu-persatu apa sebenarnya Decrypt Storage itu? Kenapa bisa muncul tiba-tiba? Apa penyebabnya? Bagaimana mengatasinya? Perangkat apa saja yang bisa kena?

gini nih klo sudah kena 'Ebola', gak bisa diapa-apain lagi...

gini nih klo sudah kena ‘Ebola’, gak bisa diapa-apain lagi…

Apa Itu Decrypt Storage?

Decrypt Storage merupakan kebalikan dari Encrypt Storage yang mana merupakan sebuah fitur untuk mengamankan file-file yang ada pada HH dari tangan-tangan jahil. Sederhananya Decrypt Storage = membuka kunci sedangkan Encrypt Storage = mengunci.

Siapa Saja yang Kena?

Anehnya penyakit ini hanya terjadi pada perangkat Sony Xperia M, baik yang versi Single Sim maupun Dual Sim. Tapi dari laporan yang ada kebanyakan adalah pengguna versi Single Sim.

Dari pengamatan saya di grup HH lain tidak ada yang mengalami hal seperti ini. Sebagai catatan saya suka menyusup ke berbagai macam grup HH. Hehee.

Apa Penyebabnya?

Mestinya… mestinya loh ya, Decrypt Storage ini muncul hanya jika pengguna HH tersebut mengaktifkan fitur Encrypt Storage nya. Jika hanya 1 atau 2 orang yang kena mungkin kita masih bisa menyimpulkan bahwa itu merupakan kelalaian si pengguna yang mungkin tanpa sengaja telah mengaktifkan fitur tersebut.

Tapi lain halnya jika sudah ada belasan bahkan hingga puluhan yang melapor di Grup XM bahwa HH mereka terkena masalah ini. Sekarang coba lihat gambar dibawah ini.

1

Gambar diatas saya ambil dari dokumen survei yang dibuat salah satu member Grup Xperia M untuk memfasilitasi / mengumpulkan data para korban Decrypt Storage beserta keterangannya. Yang paling menarik bisa kalian lihat pada bagian “gejala-gejala terakhir sebelum terkena Decrypt Storage”.

Gejala-gejala yang ada terjadi secara acak. Tidak ada sebab yang jelas bagaimana penyakit tersebut bisa muncul yang artinya HH kalian bisa saja terkena secara tiba-tiba walaupun kalian adalah pengguna normal (pengguna awam yang tidak suka oprek-oprek). Dari komentar-komentar yang saya baca bahkan pengguna yang tidak melakukan root dan UBL pun bisa kena.

Satu hal yang jelas adalah sebagian besar yang terkena penyakit ini sebelumnya mengalami kejadian banyak aplikasi akan mengalami FC (Force Close) dan HH mengalami hang. Sebagian kecil lagi malah tidak tahu apa-apa setelah menyalakan HH langsung muncul permintaan Decrypt Storage.

Virus? Bug? atau Hardware?

Saya agak ragu untuk menyebut ini adalah masalah software. Karena jika hanya masalah software seharusnya bisa diatasi cukup dengan flash ulang. Dari perkiraan saya sepertinya ini merupakan kesalahan yang terjadi karena ada salah satu komponen hardware yang rusak hingga menyebabkan software mengalami error.

Kemungkinan hardware yang rusak ada pada chipset atau memori internal HH bersangkutan. Beberapa member grup XM juga berpendapat seperti itu.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Jujur saya masih bingung dibagian ini karena belum ada yang berhasil sembuh setelah terkena (tanpa mengandalkan SC). Oh tapi sebenarnya ada satu orang yang mengaku HH nya bisa sembuh setelah terkena penyakit ini. Dia adalah orang dari member XDA dengan nickname….. lupa namanya :p

Menurut pengakuannya dia hanya melakukan flashing dengan firmware yang berbeda versi dari yang dia gunakan sebelumnya. Entahlah benar atau tidak. Masih perlu pembuktian lebih lanjut.

Kalian bisa download file firmware Sony Xperia M Single/Dual pada postingan berikut.

Solusi lainnya (dan mungkin satu-satunya) adalah dibawa ke SC Sony. Kata salah satu komentar di grup FB XM HH nya bisa sembuh setelah nginep 3 bulan di SC. Katanya lagi HH nya di bawa ke SC itu ganti mesin. Jadi jika garansi kalian sudah habis bisa dipastikan biaya yang dikeluarkan untuk ganti mesin ini pasti tidak murah. Kalau sudah gitu mungkin lebih worth jika beli HH baru aja sekalian.

Alasan lain kenapa dibawa ke SC bukan ide bagus bisa kalian baca pada postingan : Pengalaman (Pahit) Ke Service Center Sony

Jika Tidak Bisa Diobati, Setidaknya Bagaimana Cara Mencegahnya?

Lagi-lagi saya tidak bisa menjawab pertanyaan pada poin ini. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin “Apa Penyebabnya?”, penyakit ini muncul secara acak dan karena sampai sekarang belum diketahui penyebabnya maka belum ada tindakan pencegahan pasti yang bisa dilakukan.

Sempat ada yang mengatakan untuk mencegahnya bisa menggunakan Cusrom (Custom ROM). Tapi melihat data survei di grup XM sepertinya itu juga belum tentu bisa mencegahnya. Karena dari data survei tersebut ada juga pengguna Cusrom yang terkena walaupun tidak banyak.

Tapi jika tetap ingin mencoba pakai cusrom kalian bisa coba cusrom yang ada pada postingan

Kesimpulan

Penyakit Decrypt Storage ini memang cukup menakutkan jika HH kita yang kena. Apalagi sampai sekarang belum ada yang punya solusi tepat untuk mengobatinya maupun mencegahnya. SC atau Service Center merupakan satu-satunya harapan jika sudah terkena penyakit ini.

Anehnya kenapa penyakit ini baru mulai menyerang baru-baru ini ya? Padahal dulu-dulu adem-ayem aja. Apalagi sepertinya cuma Sony Xperia M yang terkena penyakit semacam ini. Mungkinkah memang faktor dari umur hardware yang bersangkutan sudah sampai pada batasnya? Misalnya saja seperti pada kasus HDD laptop yang rusak dan harus diganti karena memang sudah lama.

Berikut beberapa link yang mungkin berguna tentang Decrypt Storage ini.

Tapi gak perlu panik juga sampai langsung mau nge jual XM yang masih normal ya gan. Bagaimanapun masih banyak yang gak kena juga kok 😀

Jika ada yang punya info, pengalaman, atau mungkin pendapat berbeda tentang penyakit Decrypt Storage ini mungkin bisa di share disini untuk kita diskusikan sama-sama. Mungkin saja ada yang kelewat dari pengamatan saya.

99 Comments

  • Om..masalah virus di xm ada gak kemungkinan karena adanya fungsional dari fasilitas OTG tersebut…pasalnya cuma xm yg bisa buat gonta ganti flash disk via OTG….

  • cara ganti cara mengganti twrp menjadi cwm gimana om gadget??
    saya pake rom lollipop,,mw kembaliin 4.3 malah egk bisa dibaca backup dari cwm y… pusing hehe

  • keren gan, aneh juga virusnya ? -_- saya belum pernah ngalamin selama pake stock rom, cm11 maupun cm12? tapi install ulang bisa menjadi solusinya gan. mungkin, saya juga belum nyoba. gak pernah kena abisnya. tapi usahakan pake sony pc companion aja gan 😀
    kalo saran saya sihh

    • katanya sih tidak bisa gan walaupun di install ulang…bakal error pada saat proses install ulang nya itu…
      ya katanya juga sih.. soalnya saya juga tidak ngalamin langsung… 😀

      • Tidak bisa gan? Wah bisa jadi kena hardwarenya ya? Walaupun pake flashtool? Gak bisanya dimana gan? Saya Sudan baca threadnya di XDA memang belum ada solusi yang pas sih sampe Sekarang, kalo ada yang pas saya kasih tau aja ya

          • sepertinya memang kerusakan hardware om, seperti kata bonoboo di xda

            “Info about Encryption unsuccessful

            Phone tries read partitions and due some reason data there messed up.

            It’s looks like encrypted data for phone and he trying deal with it.

            Googling says that this is consequence of broken NAND-memory.”

            psp terutama tipe 3k juga sering kena tuh penyakit, bikin ga sa update firmware sama sekali, n kebanyakan gejalanya juga hang….

          • Wah ngeri juga ya gan kalo kena, saya pengguna cyanogenmod 12 gan, jadi masih aman sampe sekarang. memang bener sih saran agan buat update ke cm 11 atau 12 tapi resikonya ya garansi hilang aja, tapi hp kita aman gan.
            thanks buat infonya:D
            oh ya, belum ada berita baru dari xda gan

  • Om sekarang juga sudah merajalela. Tuh decrypt, bukan XM aja om. Temen ane ada yang kena. Lenovo tipe apa gitu. Lupa ane.
    Terua XM ane skrg bnyak yg fc km. Jadi takut :’)

  • Om gadget, tau cara hapus fitur bawaan sony yang scrip ini om.?

    Untuk mencegah virus ebola, mungkin cara ini yg paling ampuh om…

    • gampangnya coba pake cusrom aja gan… kemungkinan gak ada fitur ini di cusrom…
      klo maslah ebola ini ada di hardware sepertinya kurang ampuh juga gan walau fitur ini dihilangkan…

      • Masuk akal juga sih, kalau gitu apa kita harus duluan meng enkripsi ponsel kita, sebelum di enkripsi pihak lain yah 🙁

        • Bukan masalah enkripsi atau dekripsi gan..
          Logikanya gini, drive internal (NAND) kondisi rusak dan kondisi normal tapi sengaja di dekripsi punya satu kesamaan, yaitu sama” ga bisa dibaca secara langsung oleh sistem..
          Nah karena si sistem cuman “diajari” tentang enkripsi/dekripsi dan tidak diajari tentang internal yg rusak, dikarenakan indikasinya sama maka sistem tadi mengenal NAND yg rusak sebagai NAND yg dienkripsi.
          Makanya ketika si sistem tidak bisa membaca si NAND muncullah layar decrypt karena si sistem cuman “tahu” tentang decrypt/encrypt, dan tidak tahu tentang NAND rusak..

          Maaf kalau penjelasan saya berantakan, semoga bisa dipahami :p

          • Nah masuk akal inih..
            Oiya, saya pakai XM sudah cukup lama. Saya jadi kepikiran. Apa jangan2 XM punya saya nggak kena ebola karena dari dulu selalu aktifkan enkripsi sehingga ebola nggak punya celah untuk aktifkan enkripsi tanpa sepengetahuan saya. Tapi sepertinya bukan. Yang paling tepat adalah, kemungkinan punya saya belum kena ebola karena tahun lalu saya sempat kehilangan XM dan kemudian beli XM lagi. Jadi XM yang sekarang masih lumayan baru dan hardwarenya masih sehat.

            Saya kemaren sempet baca dimana gitu katanya ada yang berhasil benerin dengan cara lepas IC nya kemudian disolder lagi. Katanya ebola ini terjadi karena IC nya kepanasan sehingga lepas ato gimana gitu. Pokoknya ada yang berhasil benerin sendiri kok.

          • boleh juga ini kalo memnag IC overheating, bisa jadi ada yyg lepas, kan IC g tahan panas juga. saya mau coba copot kayanya gan, nanati baru kasih review hasilnya
            semoga berhasil

  • Om sony xperia m single ane kena penyakit ini, decrypt storage.
    Ane flashing pake flashtool kaya gak konek hp nya.
    Selalu error di kernel.sin atau loader.sin
    Udah ganti ganti firmware juga, sama ganti versi flashtool.
    Driver semua nya udah kepasang. Sebelum nya ane juga sering flash sendiri tapi setelah kena decrypt storage ini jadi gak bisa di apa apain.

    Ane udah bawa ke tukang service (nginep seharian), tapi jawaban nya sama. Hp gak mau konek. Kayanya si rusak mesin atau rusak chip, memory internal atau motherboard. Ane juga kurang paham.

    Awal nya ane lagi bbman aja kaya biasa nya tiba2 semua app force close termasuk home, setting dll. Langsung ane restart, pas nyala langsung decrypt storage dan gak bisa ngapa ngapain. Masuk cwm buat wipe data juga gak bisa, mount data failed. WTF? Yes, this is WTF!

    Mau di bawa ke service center sony nya juga males, mereka semua kerja nya lelet. Benerin hp aja sampe berbulan-bulan. Itu kerja nya ngapain aja, mau benerin hp apa mau lahiran.
    Mungkin solusi terakhir nya di simpen aja di laci atau di kubur.

    Someday………….. Hp ane selanjutnya dan seterusnya gak akan pernah lagi pake produk sony. Thanks sony, Bye sony.

  • ane kena om gadget…hihihi
    dan lucunya kok mereka gak kayak om yah yang mo survei para pengguna XM.
    Ane sempet liat di forum sony mobile.com, diluaran sana juga sama penyakit ini muncul di XM.

    Ane juga pengguna XM single, dan sebelumnya gak pernah otak atik XM ane, aplikasi wajar aja, nah tanda2nya ya tiba2 applikasi force close munculah tulisan itu.

    kesian ya XM, kayaknya dibuat cuma buat 1-2tahun.

    Oya, om boleh kah saya menshare hasil survei punya om ? yang menjadi korban decrypt storage?

  • Kalau ane sih pakai AOKP 4.4.2 unofficial, belum kena sih sampai sekarang, menurut ane itu karena hardware, terutama internal memory yang rusak. Tapi pernah gejala fc yang disebutin mampir ke HH ane, nggak semuanya sih hanya aplikasi sistem, terus kalau dari app drawer di sentuh, toast notif muncul ‘app not found’, mudah-mudahan nggak kena dah

  • kata orang sc nya sih om itu ic flashnya saya pun garansi sudah habis dan mesti ganti mesin dengan baayr 85% dari harga asli . jadi aja nih hp nganggur jadi zombie 🙁

  • Experia M gue kena,
    Awalnya tulisan begini (tweet brhenti, whatsapp brhnti, instgram brhenti) gitu terus sampe kiamat
    Udh 2bulan dcounter ga jadi2 padal udh byar gue 450 kata orgny kudu ganti alat apaan ga ngeh gue, bilangnya internalnya kena
    Hp bru setaun msh mulus bgt goresan jg gada, game dll gada itu hp cm buat fb, insta, wa, bbm udahh, ngenessss salah belii gadget

  • coba intip deh om k system app pake aroma fm d dalemnya ada system yg bukan berbentuk apk melainkan odex misalkan systemui.odex apa bisa berpengaruh dari situh om , soalnya ane salah satu yg kena kasus ini

  • hapeku tiga hari yang lalu kena descrypt password gini juga mas, aku kira bootloop terus aku bawa ke sony center wtc sby disuruh ganti mesinnya sekitar sejutaan, mending beli baru kalo udah gini kasusnya -____-

  • XM ane baru aja kena ni om virus ebolanya, mohon pencerahan om ane harus gimana sekarang?
    belum ada setahun padahal ini xm

  • om..saya juga kena ebola ni om…gmna ya carax om…???klw sudah ada mohon di info y om…biar utk sementara waktu pakai android lain dlu smpai ada solusix dari om gadget…tks y om..di tunggu banget ni om…

  • klo menurut ane sih nie penyakit gara” suhu HH terlalu panas, biasanya dipakek game sambil di cas, nie emang masalah hardware, coba aj sambung ke komp, pasti memori internalnya gk kebaca

  • blm ada solusinya ya om utk masalah decrypt storage ini? XM ane baru kena 5 hari yg lalu. udh flash pake berbagai macam firmware gak mempan jg.

  • Saya juga kena … katanya harus ganti emmc.
    Harga nya 425 di bogor. Susah nya harga kirim handphone kesana juga mahal. Kalo lewat JNE kesana dari kota Batam itu PP nya sekitaran 700an.
    Nasib..nasib…
    Kapok pake sony lagi. .

  • Saya korban baru nih om,..gejala-gejala yang disebutkan di atas banyak yang sama dengan yang saya alami, sering muncul pesan memory penuh, aplikasi nutup sendiri, ada tulisan ” sayangnya bla-bla-bla telah berhenti ” di OK berkali-kali baru bisa ilang, kadang juga gak ilang, kalo gak ilang saya restart normal lagi, tapi siang tadi saya restart muncul huruf aneh dan gambar gembok om,..saya gak ngerti itu apa karena tulisannya huruf China, jadi saya berfikir untuk instal ulang, trus saya cari flashtool sekalian tutorialnya, dan sampailah saya disini, setelah selesai baca tutorial flash saya lihat ada judul yang menarik perhatian, “Mengenal Wabah Ebola Xperia M Decrypt Storage”, ketika saya baca ada gambar mirip di XM saya dan gejala-gejala yang sama.
    Jadi pesimis om,..

    • lupa gambarnya om,..

      sekalian tanya om,..xperia sola kalau di upgrade ke android 4 lemot gak,.?
      rencananya kalau XMnya harus masuk musium pengen upgrade sola.

      oh iya,. ini XM yang kena wabah XM single

          • maksud saya yg xperia sola nya sekarang pake android versi berapa?
            terus upgrade ke android 4 nya pake cusrom atau memang dapet official nya?

            katanya yg kena ebola masih bisa dibenerin kok…

          • oh..yg sola versi 2.3.7, sdh saya upgrade beberapa hari yg lalu, versi 4.0.4 official, pengen cusrom kitkat CM tp masih ragu, karena dari artikel yang pernah saya baca, cusrom kitkat CM untuk xperia sola, wifi + bluetooth nya gak berfungsi,
            kalau OM punya cusrom xperia sola yang bagus minta linknya om,..

            iya om, katanya yang kena ebola masih bisa dibenerin, tp jauh dan belum ada dana, jadi sementara saya biarin dulu om,..

          • owh klo memang dari official biasanya kuat aja kok jalaninnya…
            iya yg namanya cusrom emang suka gitu… kudu nunggu yg ngeporting ngebenerin bug nya… 🙂

            iya rata-rata tukang service nya ada di pulau Jawa sana sih…

  • Bos bos agan agan saya bisa ko ngatasin virus ebola di hp sony xpria all tipe ga nyampe 1 jam jadi…biaya 250 aja..lokasi lampung. Bandar lampung….info lebih lanjut 089631032942 garansi uang kmbali klo hh gaj adi..

  • Yg mau benerin hh nya yg kekunci decrypt stronge” bisa hubungi saya di 089631032942..lokasi bandar lampung… Dalam waktu kurang dari 1 jam di insiallah hh normal seperti semula..dana nya 250000. Aja ko gan.. Garansi uang kembali kalo hh ga jadi…

  • Agan yg terhormat saya mau nawarin jasa buat yg hh nya kena virus ebola saya bisa ngebuka nya paling lama 15 menit biaya nya 250000. Aja bos

  • Kk saya juga kemaren kena virus ini juga hp nya sony xpria z compax. Saya bawa ke tukang servis tpi mlah pada gelengin kepala…dengan hati yg penasaran saya otak atik tu hp dirumah…dan alhamdulilah jadi dan hp normal sampe sekarang

  • wes kena ebola juga nihhh ……. ajoorrr……
    bapak bapak teknisi yang nongkong di SC sony …. aja gag bisa

  • saudaru gw baru aj kena ama virus “ebola” ini di HP Sony X perianya,otomatis gak bisa beraktifitas dan mau complain atau minta solusi jg gak ada yg bantu..Liat kayak gitu jadi mikir2 lagi mau beli HP Sony..mending ganti HP aj.Please Sony Xperia minta perhatiannya.

  • Bisa gan ngebuka virus itu dengan gampang…sebenarnya buka nya sangat mudah…saya pernah ngalamin penyakit ebola juga di hp sony xpria z1 satu kompack dan bisa terbuka kan…allah jadi saksi… Dan alhamdulilah hp nya sampe sekarang ane pke normal2 aja

  • sony itu produksi sendiri apa di serahin pihak ketiga kayak apple ke foxconn gitu ya??
    kok kayaknya ringkih amat barangnya tp ane akuin keren juga

  • Untuk agan/aganwati semua yang memiliki gadget Sony Xperia M aka C1905
    yang terkena kasus Ebola syndrom/memory Decrypt pass kini masalah tersebut sudah dapat
    kami selesaikan.
    harga bisa inbox or sms call 085647913888 add pin 22D36FEC

    Vortune Partshop
    Perum Griya Satria Indah ,Jl.Safir Blok P-21 Sumampir Purwokerto
    Whats App :085647913888
    Biaya Call/sms ke 085647913888
    Pin BB: 22D36FEC

  • Gan Xperia m saya kalo di bawah 50% suka mati total ya,kalo dihidupin kembali hanya led nya yang berkedip cara mengatasinya gimana ya?

  • Dijual sony xperia M ebola, hp + charger harga nego. Hubungi 082338679890 / line : adipdonny /BBM : 5BD9ABFC

  • Untuk agan/aganwati semua yang memiliki gadget Sony Xperia M aka C1905
    yang terkena kasus Ebola syndrom/memory Decrypt pass kini masalah tersebut sudah dapat
    kami selesaikan.
    harga bisa inbox or sms call 085647913888 add pin 22D36FEC

    Vortune Partshop
    Perum Griya Satria Indah ,Jl.Safir Blok P-21 Sumampir Purwokerto
    Whats App :085647913888
    Biaya Call/sms ke 085647913888
    Pin BB: 22D36FEC

  • Sama nih om, Xperia M saya baru minggu kemaren kena beginian. Awalnya aplikasi sama sistemnya force close sampe nge-hang terus si Hape mati sendiri pas dinyalain muncul deh minta pasword decrypt. Sekarang lagi di titip ke sodara yang ngerti soal hp. mudah-mudahan bisa sembuh, ya kalo nggak nyari hape baru dah.
    Kira-kira Polytron Zap 5 udah oke gak buat gantiin si Xperia M. Cuma buat BBM, Whatsapp, Browsing, sama game COC bagus gak ya hehehe..
    Tengkiyu Om Gadget

  • pnya ane dah sebulan yg lalu kena virus trsbt n dah di bw ke tukang servis ampe 4 x n semuanya ngomong MMMnya, n semuanya ngomong alatnya gak komplit…hadehhh..klo ada yg bs tlg ksh kbr ya. Ohya pnya sy xperia m2 c200k. Thnk you

  • kamvret juga ni Sony ,, dasar maksa ,, mending balik lagi ahh pakek Symbiannya Nokia smooth diapain aja ,, gk pernah ada sejarahnya kayak gini!! huhhh dasar Hp BALA !! masak umur ic nya cuman 2 tahun doangg ,, heleh helehh , cabe Dehhh -______-

  • Punya ane cross A7# jg KO kena penyakit ini. Hp rada jadul sih, tpi bs ngebuktiin kn klo bukan sony aj yg bs kena..

Leave a Comment

Open

All for Joomla All for Webmasters