Mengenal Wabah ‘Ebola’ Xperia M, Decrypt Storage!

Mengenal Wabah ‘Ebola’ Xperia M, Decrypt Storage!

Ini nih penyakit yang lagi hot-hot nya, Decrypt Storage. Kelakuannya sudah seperti virus ebola saja, menjangkiti perangkat satu-persatu. Walaupun tidak sama persis dengan Ebola tapi dampak yang ditimbulkan sama-sama berujung pada kematian HH tersebut.

Hemm mungkin kurang tepat kalau saya sebut kematian. Mungkin lebih tepat kalau disebut akan merubah perangkat kalian bagaikan zombie. Karena HH kalian sebenarnya tidak benar-benar mati dan masih bisa nyala dengan normal, tapi sialnya kalian tidak akan bisa menggunakannya.

Berbagai upaya telah dilakukan seperti melakukan Wipe Data, Flashing, bahkan sampai gonta-ganti ROM tapi tetap tidak bisa membuat si HH kembali normal. Kalau sudah seperti ini sepertinya HH kalian terpaksa hanya menjadi gantungan tas.

Sekarang mari kita bahas satu-persatu apa sebenarnya Decrypt Storage itu? Kenapa bisa muncul tiba-tiba? Apa penyebabnya? Bagaimana mengatasinya? Perangkat apa saja yang bisa kena?

gini nih klo sudah kena 'Ebola', gak bisa diapa-apain lagi...

gini nih klo sudah kena ‘Ebola’, gak bisa diapa-apain lagi…

Apa Itu Decrypt Storage?

Decrypt Storage merupakan kebalikan dari Encrypt Storage yang mana merupakan sebuah fitur untuk mengamankan file-file yang ada pada HH dari tangan-tangan jahil. Sederhananya Decrypt Storage = membuka kunci sedangkan Encrypt Storage = mengunci.

Siapa Saja yang Kena?

Anehnya penyakit ini hanya terjadi pada perangkat Sony Xperia M, baik yang versi Single Sim maupun Dual Sim. Tapi dari laporan yang ada kebanyakan adalah pengguna versi Single Sim.

Dari pengamatan saya di grup HH lain tidak ada yang mengalami hal seperti ini. Sebagai catatan saya suka menyusup ke berbagai macam grup HH. Hehee.

Apa Penyebabnya?

Mestinya… mestinya loh ya, Decrypt Storage ini muncul hanya jika pengguna HH tersebut mengaktifkan fitur Encrypt Storage nya. Jika hanya 1 atau 2 orang yang kena mungkin kita masih bisa menyimpulkan bahwa itu merupakan kelalaian si pengguna yang mungkin tanpa sengaja telah mengaktifkan fitur tersebut.

Tapi lain halnya jika sudah ada belasan bahkan hingga puluhan yang melapor di Grup XM bahwa HH mereka terkena masalah ini. Sekarang coba lihat gambar dibawah ini.

1

Gambar diatas saya ambil dari dokumen survei yang dibuat salah satu member Grup Xperia M untuk memfasilitasi / mengumpulkan data para korban Decrypt Storage beserta keterangannya. Yang paling menarik bisa kalian lihat pada bagian “gejala-gejala terakhir sebelum terkena Decrypt Storage”.

Gejala-gejala yang ada terjadi secara acak. Tidak ada sebab yang jelas bagaimana penyakit tersebut bisa muncul yang artinya HH kalian bisa saja terkena secara tiba-tiba walaupun kalian adalah pengguna normal (pengguna awam yang tidak suka oprek-oprek). Dari komentar-komentar yang saya baca bahkan pengguna yang tidak melakukan root dan UBL pun bisa kena.

Satu hal yang jelas adalah sebagian besar yang terkena penyakit ini sebelumnya mengalami kejadian banyak aplikasi akan mengalami FC (Force Close) dan HH mengalami hang. Sebagian kecil lagi malah tidak tahu apa-apa setelah menyalakan HH langsung muncul permintaan Decrypt Storage.

Virus? Bug? atau Hardware?

Saya agak ragu untuk menyebut ini adalah masalah software. Karena jika hanya masalah software seharusnya bisa diatasi cukup dengan flash ulang. Dari perkiraan saya sepertinya ini merupakan kesalahan yang terjadi karena ada salah satu komponen hardware yang rusak hingga menyebabkan software mengalami error.

Kemungkinan hardware yang rusak ada pada chipset atau memori internal HH bersangkutan. Beberapa member grup XM juga berpendapat seperti itu.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Jujur saya masih bingung dibagian ini karena belum ada yang berhasil sembuh setelah terkena (tanpa mengandalkan SC). Oh tapi sebenarnya ada satu orang yang mengaku HH nya bisa sembuh setelah terkena penyakit ini. Dia adalah orang dari member XDA dengan nickname….. lupa namanya :p

Menurut pengakuannya dia hanya melakukan flashing dengan firmware yang berbeda versi dari yang dia gunakan sebelumnya. Entahlah benar atau tidak. Masih perlu pembuktian lebih lanjut.

Kalian bisa download file firmware Sony Xperia M Single/Dual pada postingan berikut.

Solusi lainnya (dan mungkin satu-satunya) adalah dibawa ke SC Sony. Kata salah satu komentar di grup FB XM HH nya bisa sembuh setelah nginep 3 bulan di SC. Katanya lagi HH nya di bawa ke SC itu ganti mesin. Jadi jika garansi kalian sudah habis bisa dipastikan biaya yang dikeluarkan untuk ganti mesin ini pasti tidak murah. Kalau sudah gitu mungkin lebih worth jika beli HH baru aja sekalian.

Alasan lain kenapa dibawa ke SC bukan ide bagus bisa kalian baca pada postingan : Pengalaman (Pahit) Ke Service Center Sony

Jika Tidak Bisa Diobati, Setidaknya Bagaimana Cara Mencegahnya?

Lagi-lagi saya tidak bisa menjawab pertanyaan pada poin ini. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin “Apa Penyebabnya?”, penyakit ini muncul secara acak dan karena sampai sekarang belum diketahui penyebabnya maka belum ada tindakan pencegahan pasti yang bisa dilakukan.

Sempat ada yang mengatakan untuk mencegahnya bisa menggunakan Cusrom (Custom ROM). Tapi melihat data survei di grup XM sepertinya itu juga belum tentu bisa mencegahnya. Karena dari data survei tersebut ada juga pengguna Cusrom yang terkena walaupun tidak banyak.

Tapi jika tetap ingin mencoba pakai cusrom kalian bisa coba cusrom yang ada pada postingan

Kesimpulan

Penyakit Decrypt Storage ini memang cukup menakutkan jika HH kita yang kena. Apalagi sampai sekarang belum ada yang punya solusi tepat untuk mengobatinya maupun mencegahnya. SC atau Service Center merupakan satu-satunya harapan jika sudah terkena penyakit ini.

Anehnya kenapa penyakit ini baru mulai menyerang baru-baru ini ya? Padahal dulu-dulu adem-ayem aja. Apalagi sepertinya cuma Sony Xperia M yang terkena penyakit semacam ini. Mungkinkah memang faktor dari umur hardware yang bersangkutan sudah sampai pada batasnya? Misalnya saja seperti pada kasus HDD laptop yang rusak dan harus diganti karena memang sudah lama.

Berikut beberapa link yang mungkin berguna tentang Decrypt Storage ini.

Tapi gak perlu panik juga sampai langsung mau nge jual XM yang masih normal ya gan. Bagaimanapun masih banyak yang gak kena juga kok 😀

Jika ada yang punya info, pengalaman, atau mungkin pendapat berbeda tentang penyakit Decrypt Storage ini mungkin bisa di share disini untuk kita diskusikan sama-sama. Mungkin saja ada yang kelewat dari pengamatan saya.

Comments

comments

Share this post