Cara Simpel Pasang TWRP pada Xiaomi Redmi 1S

Cara Simpel Pasang TWRP pada Xiaomi Redmi 1S

TWRP merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project. TWRP ini hampir sama fungsinya dengan CWM yang biasanya saya bahas di blog ini yaitu sebuah recovery custom untuk menggantikan recovery bawaan yang minim fitur.

Perbedaan terbesarnya adalah jika pada CWM untuk berpindah menu biasanya menggunakan tombol volume, sedangkan pada TWRP ini sudah support touchscreen jadi bisa langsung disentuh menunya melalui layar.

Untuk fiturnya sendiri cukup banyak seperti halnya juga pada CWM. Misalnya saja beberapa fitur dasar seperti wipe data maupun yang sangat penting seperti NAND Backup.

Penjelasan mengapa pentingnya NAND Backup bisa kalian baca pada postingan berikut.

Sebelum memasang TWRP ini pastikan HH kalian sudah Root. Jika belum kalian bisa ikuti panduan melakukan root untuk Xiaomi Redmi 1S pada artikel dibawah ini.

 

Berikut Cara Memasang TWRP pada Xiomi Redmi 1S :

1. Download dulu file TWRP nya disini (TWRP 2.8)

2. Taruh di memori internal terserah dimana aja

3. Buka aplikasi Updater

1

4. Pilih Select update package

2

5. Cari kemudian pilih file twrp tadi

3

6. Pilih Update

4

7. Pilih Start update

5

8. HH akan restart sendiri. Tunggu sampai prosesnya selesai, sebentar aja kok.

Untuk mencobanya apakah TWRP sudah berhasil terpasang mari kita coba masuk ke mode recovery. Ada 2 cara untuk masuk ke mode recovery.

Cara 1 :

  • Buka aplikasi Updater
  • Pilih Reboot to recovery mode > OK

Cara 2 :

  • Matikan HH
  • Dalam keadaan mati tekan dan tahan tombol Volume UP + Power secara bersamaan hingga muncul logo TWRP, kemudian lepas kedua tombol tadi

Berikut beberapa penampakan tampilan menu-menu dalam TWRP.

6

7

8

Jika kalian suka melakukan oprek sangat saya sarankan untuk memasang TWRP Recovery ini. Banyak fungsi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah berbagai hal tak terduga seperti bootlop misalnya.

Sebenarnya ada 4 macam metode yang bisa dilakukan untuk memasang TWRP ini, tapi hanya saya tampilkan 1 yang merupakan cara termudah menurut saya. Jika ada yang masih bingung silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah gan.

Comments

comments

Share this post