Android Gadget Review

Review Google Cardboard – Solusi VR dengan Budget Minim!

Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan sedikit gambaran bagaimana bentuk sebuah Google Cardboard, perangkat gadget virtual reality murah meriah yang terbuat dari kardus tersebut.

Seperti namanya gadget ini memang terbuat dari kardus. Perangkat ini saya beli dari vrindo dalam bentuk kit atau sudah satu paket lengkap isinya. Jadi kita tinggal merakit nya saja. Adapun harganya saya beli dari Vrindo ini kena 180 ribu rupiah.

Apa yang akan kita dapatkan dalam kit nya ini?

  • 1 lembar kardus yang sudah dibentuk dan diberi pola untuk bagian lipatan dan potongan.
  • 2 buah magnet
  • 2 buah lensa
  • 1 stripeband
  • 1 karet gelang

Saat pertama kali memegangnya saya benar-benar bingung harus memulai dari mana. Walaupun sudah disediakan pola garis-garisnya tetap saja ada perasaan takut jika salah melipat atau memotong. Apalagi mengingat bahan dasarnya yang memang terkesan rapuh yaitu kardus. Untunglah di youtube sudah ada video tutorial nya bagaimana cara merakit Google Cardboard ini.

Perlu diperhatikan agar mendapatkan pengalaman yang maksimal HH kalian setidak nya harus memiliki beberapa sensor berikut ini :

  • Gyro Sensor (paling penting)
  • Sensor magnet
  • NFC (tidak begitu penting)

Langsung saja saya coba memasangkannya dengan smartphone Xiaomi Redmi 1S. Setelah saya coba download beberapa aplikasi yang mendukung virtual reality saya menemukan keanehan. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak bisa tampil penuh (full screen) pada HH saya.

Setelah mencoba berbagai macam cara akhirnya tampilannya bisa penuh setelah saya menggunakan Cusrom. Cusrom yang saya coba adalah Mokee dan MIUI 6 Unofficial. Aplikasi bisa berjalan sempurna pada kedua cusrom tersebut. Entah apa penyebabnya pada stock ROM MIUI 5 aplikasi vr yang berjalan tidak bisa full screen.

Bagaimana pengalaman saya memakainya?

“Wow!”

Mungkin itu kata yang tepat untuk melambangkannya. Kita akan merasa seperti sedang masuk kedalam dunia yang berbeda. Kita bisa melihat keadaan sekeliling kita cukup dengan menolehkan kepala kita kearah yang ingin dilihat. Berikut beberapa screenshot nya.

1

2

3

4

5

6

ini ceritanya lagi didalam bioskop nonton film

 

7

8

9

Sudah ada beberapa game yang mendukung penggunaan virtual realty ini contohnya saja game shadowgun. Namun sayangnya karena kita tidak bisa menyentuh layar maka untuk memainkannya kita memerlukan sebuah joystick tambahan.

Gadget ini juga sempat dicoba oleh beberapa teman saya. Rata-rata mereka kagum dengan apa yang dilihat dalam gadget tersebut. Tapi karena mungkin sudah pada tua (maklum sudah pada semester akhir) jadi reaksi mereka tidak ada yang berlebihan.

Yang menarik adalah saat alat ini dicoba sama teman-temannya adik saya yang masih muda-muda atau lebih tepatnya masih SMP. Mereka pada heboh dengan penampakan yang ada didalam Google Cardboard tersebut. Sayang tidak sempat saya video kan.

Sedikit Tips Perawatan

Sebaiknya kalian tempelkan beberapa selotip pada bagian kening hingga hidung Google Cardboard. Karena untuk pemakaian dalam waktu yang lama bagian tersebut lama-kelamaan akan kotor karena keringat penggunanya.

beberapa lembar selotip untuk mencegah perangkat terlihat kotor

beberapa lembar selotip untuk mencegah gadget terlihat kotor

Berikut adalah gambar beberapa bagian lainnya dari Google Cardboard.

a2

magnet yang berfungsi sebagai tombol “OK”

a3

tempat meletekan HH yang dilengkapi dengan stiker NFC

a4

a5

Akhir kata Google Cardboard merupakan sebuah ide yang brilian! Kita bisa merasakan sensai Virtual Reality tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Cukup dengan mengeluarkan uang tidak sampai 200 ribu rupiah. Bahkan jika kalian cukup rajin untuk mencari semua bahannya, kalian mungkin hanya mengeluarkan uang tidak sampai 50 ribu rupiah.

Tapi yang pasti dengan harga murah tersebut kalian harus ekstra hati-hati dalam penggunaan maupun perawatannya. Terutama jauhkan dari jangkauan anak-anak. Nanti bentuknya bisa berubah jadi abstrak.

 

1 Comment

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters