Review 5 Browser Android – Mana yang Bagus?

Review 5 Browser Android – Mana yang Bagus?

Sangat banyak pilihan browser yang bisa kita gunakan pada Android dan terkadang bisa membuat bingung mana yang cocok untuk kita, gadget kita, dan kegiatan yang sedang kita lakukan.

Untuk itu saya akan coba membahas 5 browser populer yang biasa saya gunakan. Perlu diingat disini saya tidak akan menyertakan hitung-hitungan benchmark melainkan lebih kepada pengalaman dan opini saya sendiri selama menggunakan browser-browser tersebut.

Review 5 Browser Android - Mana yang Bagus?

ilustrasi

 

Opera Mini

Opera Mini merupakan browser yang sudah populer pada perangkat mobile dari dulu sejak sistem operasi berbasis Java masih berjaya. Opera Mini terkenal karena sangat ringan dan kemampuannya dalam melakukan kompresi data web sehingga selain web bisa cepat terbuka juga dapat menghemat pemakaian kuota.

Tapi sayangnya karena kompresi yang dilakukannya sangat ketat bebera fungsi web seperti javascript dan flash tidak akan bisa berjalan. Contohnya saja seperti waktu tunggu di 4shared saat download itu detiknya tidak akan jalan. Kemampuan download manager dari opera mini pun tidak bagus. File yang didownload sering tidak selesai dan terputus begitu saja, apalagi jika size nya besar.

Saya biasa menggunakan opera mini jika lagi perlu mencari suatu informasi secara cepat dan perlu membuka banyak tab sekaligus. Atau jika kuota benar-benar sudah kritis saya juga suka ( dengan terpaksa) menggunakan opera mini.

Plus (+) :

  • Sangat ringan sehingga tidak membebani RAM walaupun membuka banyak tab sekaligus
  • Kompresi yang dilakukan sangat-sangat hemat

Minus (-) :

  • Javascript dan Flash tidak bisa jalan
  • Download manager nya tidak bisa diandalkan
  • Fitur sedikit

 

Baidu Browser

Walaupun sudah cukup lama hadir di android tapi dibanding 4 browser lainnya Baidu Browser termasuk yang paling muda. Perkembangan dan popularitasnya sendiri cukup cepat. Selain karena nama besar Baidu promosi iklannya juga sangat gencar hingga muncul dimana-mana. Bahkan iklan-iklannya kadang sedikit memasuki taraf ‘mengganggu’.

Pengalaman menggunakan Baidu Browser fiturnya cukup banyak dan navigasinya mudah. Sayangnya beberapa kali saya browsing si Baidu nya beberapa kali ‘bengong’, maksudnya web yang dibuka pada tab tertentu hang atau tidak merespon sama sekali. Solusinya sih sebenarnya cukup buka web tersebut di tab baru. Tapi kalau keseringan ya bikin bete juga. Untuk kinerja membuka halaman web nya saya rasa biasa saja. Tidak cepat namun tidak lambat juga.

Kelebihan lainnya dari Baidu Browser adalah download manager nya sangat bisa diandalkan. Sangat jarang terputus ditengah jalan walaupun size file tersebut ukurannya cukup besar. Walau terputus pun masih bisa dilanjutkan berkat adanya fitur Pause dan Resume. Selain itu terdapat keterangan berapa kecepatan ketika mendownload.

Plus (+) :

  • Fitur cukup banyak
  • Navigasi mudah
  • Download manager nya sangat bisa diandalkan

Minus (-) :

  • Kadang browser nya suka ‘bengong’

 

Chrome

Ini adalah browser yang paling saya suka dalam menjelajah dunia internet. Kinerjanya dalam membuka halaman web sangat-sangat cepat. Halaman-halaman web yang diinginkan bisa terbuka dalam sekejap. Chrome sudah mendukung HTML5 namun sayangnya tidak men support Flash lagi. Bukan masalah besar karena rata-rata web sudah mulai beralih ke HTML5.

Untuk yang perangkatnya memiliki RAM dibawah 1GB mungkin akan dijumpai lag jika membuka beberapa tab sekaligus. Kekurangan Chrome lainnya adalah download manager nya kurang bisa diandalkan dan menurut saya fitur nya terlalu sedikit.

Performa Chrome sebenarnya masih bisa ditingkatkan lagi seperti yang sudah pernah saya tulis pada postingan Tips Meningkatkan Performa Chrome di Android

Plus (+) :

  • Sangat cepat dalam membuka halaman-halaman web

Minus (-) :

  • Agak berat dibuka perangkat yang memiliki RAM dibawah 1GB
  • Download manager kurang bisa diandalkan
  • Fitur terlalu sedikit

 

Firefox

Firefox punya kelebihan bisa menambahkan berbagai macam add-on seperti pada versi desktop nya. Untuk kinerja membuka halaman web nya standar saja, masih kalah cepat dibanding Chrome.

Sepertinya cuma itu saja yang bisa dibahas. Yah saya jarang juga pakai Firefox jadi kurang tahu kelebihan dan kekurangannya.

Plus (+) :

  • Banyak tersedia add-on untuk ditambahkan

Minus (-) :

  • Tidak tahu, soalnya jarang pakai

 

Dolphin

Ini adalah browser yang sangat saya suka saat harus men download file-file yang size nya lumayan besar. Download manager dari Dolphin ini sangat bisa diandalkan. Sangat jarang download-an terputus tanpa sebab yang jelas. Pada bilah notifikasi pun terdapat informasi berapa kecepatan download yang sedang kita lakukan yang menurut saya sangat membantu.

Untuk kinerja nya dalam membuka halaman web standar saja. Dolphin juga menyediakan beberapa add-on yang bisa ditambahkan seperti halnya Mozilla Firefox. Kelebihan lainnya browser Dolphin bisa menampilkan konten Flash cukup dengan menginstall plugin flash nya.

Plus (+) :

  • Download manager nya sangat bisa diandalkan
  • Bisa ditambahkan add-on
  • Bisa menampilkan konten flash

Minus (-) :

  • Kecepatan saat browsing biasa saja

 

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan browser-browser tersebut berdasarkan penilaian pribadi saya sendiri. Karena hanya berdasarkan pengalaman sendiri mungkin akan berbeda-beda pendapatnya dengan kalian. Selain itu kecepatan internet juga mungkin akan mempengaruhi pengalaman penggunaan browser.

Nah bagaimana dengan kalian? Apa browser favorit kalian? Mungkin bisa ditambahkan kalau ada yang kurang. Kalau OM GADGET sendiri paling suka menggunakan Chrome dan Dolphin.

Comments

comments

Share this post