Review

Review: Asus X453M – Celeron Lelet? Siapa Bilang!

7

Halo gan, kali ini Om Gadget akan melakukan sedikit review pada Asus X453M yang baru saja dibeli ini. Hemm sebenarnya gak baru-baru amat sih, sudah 3 bulan sejak postingan ini di publish. Artikel review ini sudah mulai Om Gaget tulis beberapa hari sejak pembelian, tapi karena satu dan lain hal akhirnya ngaret sampai 3 bulan. hehe

Laptop ini Om Gadget beli untuk menggantikan netbook Asus Eeepc 2015c sebelumnya yang untuk booting ke tampilan desktop saja sampai muntah darah (baca: lelet). Sekarang netbok tersebut sudah Om Gadget wariskan ke adik yang masih SMP. Biarlah dia merasakan sejenak bagaimana rasa sakitnya menunggu loading. hahaa

Spesifikasi

Processor Intel Bay Trail-M Dual Core Celeron N2840
OS Free DOS
Graphics Intel HD
Memory  2 GB DDR3L
Display 14″ (1366×768)
Storage – 2.5″ SATA 500GB HDD 5400 RPM
– Card reader (SD SDHC)
Camera VGA
Optical Drive Super-Multi DVD
Networking – Wifi 802.11 b/g/n
– LAN
Interface – 1x COMBO audio jack
– 1x VGA port
– 1x HDMI
– 1x USB 3.0 port
– 1x USB 2.0 port
– 1x LAN jack
Audio  SonicFocus
Battery  2 Cells
Power Adapter – Output : 19 V DC, 1.75 A, 33 W
– Input : 100-240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensions 34.8 x 24.2 x 2.53 cm (WxDxH)
Weight 2.0 kg (with 2 cell battery)

Pertama-tama kita akan mulai dari spesifikasinya, bisa kalian lihat dari tabel diatas. Yak, memang bukan laptop mahal sih. Tapi lumayan lah buat dibawa-bawa keluar mengingat harganya cuma 3 jutaan.

Desain

Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!

Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!

Lumbang pembuangan udara panas dibagian belakang

Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!

Sepertinya ini akan menjadi tren model untuk kebanyakan jajaran laptop Asus tahun ini. Pada permukaan atas laptop tidak hanya polos begitu saja tapi diberi aksen/ukiran melingkar-lingkar yang akan membuatnya terlihat unik dalam memantulkan cahaya, seperti halnya seri Zenbook. Sedangkan bagian bawahnya berwarna hitam polos.

Tidak ada tempat khusus untuk membuka bagian RAM maupun hardisk. Bahkan kalian pun tidak akan bisa melepas baterai nya jika tidak membongkar keseluruhan casing nya terlebih dahulu. Dengan konsep desain yang seperti ini praktis akan sangat sulit untuk melakukan upgrade seperti misalnya menambah RAM ataupun mengganti HDD menjadi SSD.

Untuk bagian dalamnya, sekitar keyboard, terlihat bersih dan simpel dengan warna putih polos yang disandingkan dengan keyboard berwarna hitam. Tombol power terletak tepat diatas tombol Esc tanpa ditemani dengan led penanda laptop dalam keadaan menyala. Bukan masalah besar hanya saja akan lebih bagus jika ada led nya menurut Om Gadget. Keyboard nya menurut Om Gadget sangat nyaman digunakan untuk mengetik cepat sekalipun.

Pada bagian kiri terdapat port charger, 1x Lan, 1x port VGA, 1x port HDMI, 1x USB 3.0, 1x slot SDCARD, dan 1x USB 2.0. Sedangkan pada bagian kanan hanya terdapat slot DVD RW dan security lock. Pada bagian depannya hanya terdapat speaker, led power, dan led baterai.

Yang cukup unik dan Om Gadget suka adalah lubang pembuangan udara panasnya yang terletak pada bagian belakang. Kebanyakan laptop lain berada pada sisi samping atau bawah. Dengan desain lubang seperti ini tangan kita tidak akan kepanasan saat mengoperasikan laptop. Dan laptop ini juga masih nyaman digunakan dalam pangkuan diatas paha cukup lama. Paha kita hanya akan terasa sedikit hangat.

Touchpad

Beralih ke navigasi, Asus (lagi-lagi) memberikan touchpad dengan model klik kiri-kanan yang rata menyatu. Dan sepertinya akan terus seperti ini untuk model laptop kedepannya. Om Gadget sebenarnya sangat membenci model seperti ini karena dari beberapa kali penggunaan, laptop dengan touchpad model seperti ini cukup menghambat navigasi apalagi saat memerlukan kombinasi dengan klik kiri/kanan berbarengan.

Contohnya saat melakukan drag & drop. Ya memang hal ini bisa dengan mudah diatasi dengan membeli mouse tambahan hanya saja rasanya kurang praktis.

Nah pada Asus X453 ini Om Gadget cukup terkejut karena tidak menemukan kesulitan berarti dalam bernavigasi dengan touchpad ini. Klak-klik, drag-drop, semuanya bisa dilakukan dengan lancar.Sepertinya Asus belajar dari keluhan konsumen dan memperbaiki desain dari touchpad nya ini sehingga nyaman digunakan. Dan sepertinya Om Gadget tidak perlu membeli mouse tambahan lagi.

Baterai

Baterainya memang cuma 2 cell tapi saya merasa daya tahannya cukup bagus. Untuk aktivitas browsing-browsing masih bisa tahan 3-4 jam. Mungkin karena menggunakan processor celeron sehingga tidak terlalu banyak makan daya.

Performa

Ditenagai (hanya) dengan processor Intel Celeron dan grafis Intel HD maka jangan mengharapkan laptop ini bisa menangani tugas-tugas berat seperti me-render 3D atau memainkan game sekelas GTA V. Wajar aja sih mengingat harganya yang hanya 3 jutaan laptop ini lebih dikhususkan untuk kegiatan-kegiatan ringan seperti mengetik, browsing, dan sesekali menonton film.

Kapasitas RAM-nya yang cuma 2GB terhitung sangat pas-pas an dalam menjalankan Windows 8.1 64-bit. Kalian akan cukup sering menemui sisa available RAM nya hanya tinggal 100-200MB. Apalagi jika kalian suka membuka banyak tab hingga belasan sekaligus pada browser seperti yang sering Om Gadget lakukan. Cukup menguji kesabaran gan.

Lelet? Upgrade ke SSD!

Setelah 3 bulan menggunakan laptop ini Om Gadget akhirnya menyerah dengan fakta bahwa laptop ini tidak mampu lagi menghandle kebutuhan Om Gadget. Kebutuhan Om Gadget sebenarnya tidak terlalu berat, hanya browsing-browsing, download, dan sesekali menonton film saja. Tapi Om Gadget punya kebiasaan membuka tab pada Chrome hingga belasan sekaligus dan jadilah laptop Asus X453M ini kehabisan napas dan mulai lemot.

Akhirnya Om Gadget putuskan untuk membeli SSD. Adapun SSD yang dibeli adalah Kingston V300 120GB yang merupakan kelas value. Langsung saja Om Gadget bongkar itu laptop walaupun Om Gadget tahu itu akan menghanguskan garansi resminya. Karena untuk membongkar nya kita diharuskan membuka beberapa baut yang sayangnya baut tersebut ditutupi oleh stiker garansi.

Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!

Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!

Review: Asus X453M - Celeron Lelet? Siapa Bilang!

The SSD!

 

Akhirnya SSD terpasang dan sudah Om Gadget install windows 8.1 beserta antek-anteknya (baca: driver dan program). Hasilnya? Wuuuss! Laptop ini mampu mengikuti pergerakan multitasking Om Gadget dengan lancar. Tidak ada masalah membuka tab pada Chrome hingga belasa sekaligus walaupun RAM nya hanya 2GB. Program Adobe Photoshop dan Microsoft Office 2013 pun bisa dibuka dengan sangat cepat. Misalnya saja Adobe Photoshop mampu dibuka dengan waktu kurang dari 5 detik! Yah tidak rugi Om Gadget membeli SSD walaupun kapasitasnya lebih kecil dari HDD. Toh saya juga tidak memerlukan space yang besar.

Oiya, pada laptop ini hanya disediakan 1 slot RAM. Jadi jika kalian ingin menambah kapasitas RAM maka RAM bawaannya tidak bisa dipakai.

Kesimpulan

Hadir dengan desain texture melingkar-lingkar ala zenbook memberikan kesan menarik pada laptop Asus X453M ini. Apalagi dengan dimensi 34.8 x 24.2 x 2.53 cm membuatnya terlihat tipis dan cukup elegan. Om Gadget suka dengan penempatan lubang pembuangannya dibagian belakang sehingga tidak mengganggu kenyamanan tangan saat mengoperasikannya. Yang cukup disayangkan adalah port USB nya yang cuma disediakan 2 buah. Netbook Om Gadget sebelumnya saja yang lebih kecil port USB nya ada 3 buah.

Dari segi performa memang terhitung pas-pasan karena hanya mengandalkan Intel Celeron. Wajar mengingat harganya yang berkisar 3 jutaan. Saran Om Gadget kalian segera lakukan upgrade SSD agar kinerjanya bisa lebih responsif. Dan kalau masih ada dana lebih bisa juga kalian tingkatkan sekalian kapasitas RAM nya.

Laptop ini cocok untuk kalian yang punya dana terbatas dan hanya melakukan kegiatan seperti mengetik, browsing, maupun nonton film.

33 Comments

  • teknologi ice cool nya
    mungkin hanya stiker belaka, karena jika anda menggunakan laptop ini
    untuk buka youtube atau streaming video, panasnya bisa mencapai suhu
    80-90an derajat celcius.. bahkan ketika browsing biasa saja bisa sekitar
    80 derajat.. saya mengukur suhunya dengan aplikasi speedfan.. dan juga
    untuk masalah baterai sangat kurang apik.. saya baru beli 2 minggu ..
    ketika kapasitas baterai dibawah 40% maka langsung shutdown sendiri..
    dan juga saya menambah ram 4gb karena dengan ram 2gb bawaan laptop ini
    sangat lamban apakah dengan spesifikasi dan desain yg not bad (pentium
    N3540/punya saya) mereka mengurangi
    biaya produksinya dengan menggunakan batterai yg tidak terlalu bagus dan
    juga tidak memakai system airflow. sehingga laptop menjadi panas lama
    kelamaan..
    hanya itu pesan saya untuk asus dalam hal laptop x453m ini yg di forum2 seperti Tomshardware.com dan forum luar negeri lain yg ternyata banyak kendalanya..
    mohon diperhatikan lagi untuk asus x453m.. konsumen sangat terjebak dengan spesifikasinya sementara hardwarenya ringkih.. thx

    • halo juragan, coba dibaca baik2 lagi “Ice Cool” – Keep Palm Rest Cool
      yang lebih kurangnya menurut google translate … – menjaga telapak tangan tetap sejuk. menurut pemahamanku sih hawa panas dibuang menjauh dari telapak tangan.
      80 – 90 ? ngga salah tuh ? melepuh itu tangan dong 😛
      FYI aplikasi speedfan yang juragan pake itu mengukur suhu dari sensor prosesor. jadi suhu itu hanya di prosesor bukan di seluruh body luar

  • Om, Ane mau Konsultasi. Setelah om pasang SDD, buat main game” gimana Om ??
    Asus X453M ane VGA nya INTEL HD Graphich.
    Kira” kalo blm dipasang SDD bisa main game apa ?
    Terus setelah dipasang SDD bisa main game apa ?
    apa setelah dipasang SDD bisa main DOTA 2 ?
    Tolong ya om dijawab.
    Makasih.

    • klo buat game gak terlalu pengaruh di performa nya gan… cuma loading game nya aja jadi lebih cepat….
      wah laptop nya gak pernah saya install game gan… jadi kurang tahu sampai mana bisa main game…

      • saya juga pakai Laptop Asus X453M ini dan saya juga Sudah mencoba untuk bermain dota dengan laptop ini dan hasil nya ya kurang memuas kan, kenapa ? karena Game Dota sudah saya setLow semua Graphic nya dan semua progrm sudah saya End Task tetapi sama saja Lemot (FPS -20) Main Dota nya -_-
        kalo d pikir” sih wajar saja karena Laptop ini mengguakan Graphic OnBoard jada wajar saja Game seperti itu bakalan terasa Lemot

        setelah penggunaan Selama 3 bulan saya juga menabah RAM nya menjadi 8Gb, di sini saya menggunakan RAM DDR3L 8GB 1600Ghz tetapi yg bisa terbaca hanya 1333Ghz :v

  • Om, numpang dua pertanyaan :
    1. Kalau mau upgrade RAM, jenis RAMnya apa/ bagaimana?

    2. Emang gak ada bluetoothnya ya?

  • Kalau seandainya SSDnya diganti apakah memory nya bakal ngurang (kapasitas memory)
    maaf tidak terlalu mengerti tentang ssd

  • Numpang tanya om,,, emang parah nih laptop,,, uji kesabaran bener,, upgrade ke win10 agak mendingan daripada win8 bawaan

    1. Om ddr3l itu apa selalu 1333mhz pc10600 ?

    2. Ukuran cd drive nya apa 12.7mm?
    ceritanya mau upgrade ssd, jadi hdd diganti ssd
    lalu cdrom yg rusak diganti caddy hdd to sata untuk hdd bawaan buat file2 datanya

    thanks

    • ya namanya juga celeron gan… hehe

      1. gak juga, ada kok yg 1600 Mhz atau diatasnya
      perbedaannya cuma di voltage nya dimana DDR3L 1.35v dan DDR3 1.5v

      2. seingat saya 9.7 mm gan

        • 1. bisa asalkan voltage nya masih 1.35
          yang perlu diperhatikan adalah apakah motherboad dan prosessor nya support RAM PC12800
          klo tidak support maka RAM nya cuma akan mentok jalan di PC 10600
          masih tetap bisa jalan tapi ya agak mubazir aja jadinya… 🙂

          2. iya tebalnya..
          klo ragu bisa coba ukur sendiri pakai penggaris. saya kemarin juga gitu.

  • mohon maaf sebelumnya om, numpang tanya dong untuk asus X453M, VGA (memory grapichs) nya bisa di upgrade ngga atau di tambahin gitu ???? tulisanya 512mb ko nyata nya cuma 32mb yaa… terima kasih

  • Gan, mau tanya ya untuk asus x453m:
    1. kalau mau upgrade ke ssd, kapasitas maksimumnya bisa sampai berapa GB?
    2. untuk upgrade ram, merk dan tipe apa yang bagus? misalnya kalau 4GB dan 8GB?

    makasih

  • https://uploads.disquscdn.com/images/9e8b215c0d10effd308aab9d536f65500442a6df2367aa9c9045c70f2086a74a.png untuk masalah mimin yang ram nya selalu ngos ngosan ,,saran ane download ADVANCED SYSTEM CARE ,ane udah nyoba soalnya,, ,,untuk masalh booting di windows lamanya memang WARBYAZAH (ane makai WIN 10 PRO 64 BYTE) booting sampe 1 menit -/+, setelah ane make ADVANCED SYSTEM CARE booting lumayan cepet 30 detik, paling lama 50 detik,,, https://uploads.disquscdn.com/images/e271dce92d49ebeb5a84fb1522ecc57759c3af0e8e2159cc0840d400ec480186.png DAN JUGA ANE ADA PERTANYAAN MIN,,, 1. apakah asus x453m ini bisa support vga eksternal utk laptop
    2.apakah ram nya bisa di upgrade (walaupun free ram ane 1 gb an )
    tapi ane masih merasa canggung kalau cuman segitu
    3. kalau upgrade ke ssd apakah HDD bawaan harus dicopot dari slotnya,,utk SSD
    nya
    TERIMAKASIH KALAU MIMINNYA BERKENAN UTK MENJAWAB

    • 1. Untuk vga eksternal ini saya belum pernah nyoba sama sekali jadi gak tahu bisa atau tidaknya dipsangkan ke laptop.. agak skeptis sih bisa jalan… :))
      2. Bisa tapi RAM yang lama harus dicopot dulu
      3. yup harus dicopot.. alternatifnya klo tetep mau pakai HDD juga bisa ditaruh di slot DVD, jadinya slot DVD yg harus dikorbankan…

      • gan mohon dijawab skali lgi 🙁
        1. itu untuk hdd caddynya apakah semua jenis hdd caddy bisa masuk ke laptop ini? atau ada syaratnya misalnya tebal dll.
        2.Kalo dipakein hdd caddy apakah kecepatannya ngurang?

        • 1. ada 2 jenis HDD caddy, perbedaan cuma diketebalannya. Jadi pastikan slot dvd agan seberapa tebalnya
          2. saya rasa tidak terlalu berpengaruh keperforma selama installan windows tetap di HDD sata

          • makasih gan rencanya mw beli samsung 120gb + corsair 4gb ram moga”aja g lemot lgi kek skrg –” makan hati gan ngeliat ni laptop wkwk

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters