Android

Ganti ROM ‘KW’ Xiaomi Redmi Note 2 dengan ROM Official

MIUIE-Logo

Saat baru membeli Xiaomi Redmi Note 2 di Indonesia maka kalian akan mendapatkan ROM ‘KW’ yang terpasang pada smartphone tersebut. ROM tersebut merupakan ROM MIUI yang sudah dimodifikasi oleh pihak distributor sedemikian rupa.

Tidak enaknya ROM ‘KW’ ini dia hadir dengan beberapa bloatware didalamnya. Kalian juga tidak akan mendapatkan update OTA versi MIUI Official jika menggunakan ROM ini.

Solusinya adalah kalian bisa flash ulang ke ROM MIUI Official secara manual. Karena Xiaomi Redmi Note 2 ini secara resmi hanya tersedia di Cina maka jangan kaget jika kalian tidak akan menemukan ROM versi Global, hanya ada ROM versi China. Perbedaan kedua hanya terletak pada dukungan bahasa dan ketersediaan Play Store, dimana pada ROM China tidak akan ada aplikasi Play Store.

Lah terus kalau gak ada Play Store gimana caranya kita install aplikasi Om Gadget?

Tenang dulu gan. Walaupun Play Store tidak ada Xiaomi telah menyediakan App Store khusus untuk kita men-download berbagai macam aplikasi. Jika kalian kurang sreg dengan App Store buatan Xiaomi dan tetap ingin menggunakan Play Store kalian bisa memasangnya secara manual.

Cara Flash ROM MIUI China Official :

1. Pertama-tama download dulu ROM MIUI Official terbaru. Untuk Xiaomi Redmi Note bisa download di http://en.miui.com/download-274.html , sedangkan untuk perangkat lainnya bisa kalian cari di http://en.miui.com/download.html

2. Taruh file ROM tersebut di memori internal HP kemudian rename namanya menjadi “update.zip”

3. Kemudian masuk ke aplikasi Updater > options (tiga titik dikanan atas) > pilih Reboot to Recovery mode

1

2

3

4. HP akan restart

5. Setelah nyala lagi akan masuk ke mode Recovery. Dengan menggunakan tombol Volume dan Power pilih Wipe & Reset > Wipe User Data > Yes

6. Setelah selesai pilih Back

7. Pilih lagi Install update.zip to System > Yes

8. Tunggu sampai muncul keterangan Update Complete, kemudian pilih Back

9. Setelah itu pilih Reboot > Reboot to System

Sampai sini kalian sudah berhasil mengubah ROM ‘KW’ tadi dengan ROM China Stable Build. Nah karena di ROM Cina ini tidak ada Play Store maka pada postingan berikutnya Om Gadget akan jelaskan bagaimana cara memasang aplikasi Play Store secara manual pada perangkat Xiaomi yang menggunakan ROM China.

Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Silahkan tinggalkan komentar jika mengalami masalah ya gan.

8 Comments

  • Om gadget, sy mau tny.. Skr kan udh ada ROM Global. Apa gak masalah kl ROM KW nya langsung diganti sm ROM Global? Trims

  • Link yg om kasi di artikel ini rom china ya gan? Terus kalo mau flashing ke rom global gimana gan? Saya Redmi note 3 user

  • Om, link download rom yg di artikel itu rom global apa china ya?
    Redmi Note 3 saya pake 7.0.22.2 (stable) dan banyak sekali bloatware yg menggangu, apakah dgn mengikuti tutorial om di artikel ini bisa buat nghapus bloatware2 itu ga?

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters