6 Tips Ini Membuat Penggunaan Xiaomi Lebih Efisien

6 Tips Ini Membuat Penggunaan Xiaomi Lebih Efisien

Xiaomi diketahui mengembangkan sistem operasi khusus bernama MIUI. Adapun sistem operasi tersebut berbekal sejumlah fitur multi fungsi dan lengkap. Bahkan ada yang berujar bahwa fitur-fitur pada MIUI lebih lengkap dibanding android.

Para pengguna MIUI pun mengakui bahwa MIUI mempunyai tampilan menarik yang sedap dipandang. Namun, mungkin kalian akan dibuat kagok untuk kali pertama penggunaan. Tapi tidak perlu khawatir gan, tips-tips berikut ini bisa membuat penggunaan perangkat Xiaomi kalian lebih mudah dan efisien. Berikut ulasannya.

1. Nonaktifkan Tombol Fisik

Tombol fisik perangkat umumnya diaktifkan secara default pada MIUI. Hanya saja tidak jarang tombol fisik tersebut malah mengundang masalah bagi pengguna misalnya saat bermain game. Bila kalian merasa terganggu cukup nonaktifkan tombol fisik dengan cara masuk ke bilah Notification, lanjutkan dengan memilih toggle Button seperti gambar dibbawah ini. Bila lain waktu kalian merasa membutuhkan tombol fisik bisa mengaktifkan kembali dengan menekan tombol Home dan Power bersama-sama.

1

2. Tombol Kombinasi Shortcut

Di bawah cahaya kuat atau terang biasanya cukup sulit melihat layar smartphoen dengan jelas. Bila kalian tahu sebenarnya ada cara cepat untuk mengatur kecerahan layar Xiaomi yaitu dengan menekan tombol volume dan tombol menu secara bersamaan. Namun, sebelumnya pastikan kalian sudah menonaktifkan Auto Brightness lebih dulu ya gan. Bisa saja sih jika Auto Brigthness nya aktif tapi setingan kecerahannya tidak akan sampai ke level maksimal.

3. Lebih Efisien dengan Tombol Home

Meski tengah dalam keadaan modus Lockscreen, kalian masih bisa mengaktifkan fitur Torch secara mudah. Adapun caranya yaitu dengan menekan tombol Home lalu menahannya selama beberapa detik hingga fitur aktif.

4. Mengambil Screenshot

Untuk tips dan trik android ini mungkin sudah banyak yang tahu. Tidak beda dengan perangkat ponsel pintar berbasis android kebanyakan, untuk mengambil screenshot kalian hanya perlu menekan tombol volume dan menu bersamaan. Namun, ada pula cara lain yang bisa dicoba. Misalnya dengan mengakses menu Notifikasi dan memilih menu Screenshot.

5. Tombol Power Untuk Menutup Panggilan

Selama ini mungkin kalian mengira tombol power hanya bisa digunakan untuk menghidupkan dan mematikan smartphone Xiaomi saja. Sebenarnya lebih dari itu. Kalian bisa menggunakan tombol power untuk menutup panggilan. Namun, sebelumnya kalian mesti melakukan pengaturan dengan masuk Settings > Addtional settings > Accessibility > lalu pilih Power Button End Calls.

2

6. Tombol Volume

Sebenarnya beberapa tombol pada perangkat berbasis MIUI dapat dimanfaatkan untuk banyak hal seperlu akses yang lebih cepat. Tidak terkecuali tombol volume. Kalian dapat menggunakan tombol volume untuk mengaktifkan layar saat perangkat berada dalam modus Lockscreen. Untuk mendapatkan kemudahan ini kalian perlu melakukan pengaturan dengan masuk Settings > Additional settings > Button > lalu pilih Wake With Volume Button.

Itulah tips dan trik yang semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dengan tips di atas tentu saja penggunaan MIUI pada perangkat andalan Xiaomi bisa jauh lebih efisien.

Jika kalian rasa masih ada tips MIUI lainnya yang tidak ada di atas silakan tambahkan via kolom komentar dibawah ya.

Comments

comments

Share this post