Inilah Cara Praktis Optimasi RAM 1 GB Xiaomi Redmi 2

Inilah Cara Praktis Optimasi RAM 1 GB Xiaomi Redmi 2

RAM pada perangkat Xiaomi tidak berbeda seperti halnya RAM yang tertanam pada perangkat smartphone lainnya. RAM memilki fungsi utama sebagai penyimpanan sementara untuk aplikasi atau game yang tengah berjalan. Hal ini berarti RAM tidak akan digunakan bila aplikasi tidak dijalankan. Sebaliknya RAM akan penuh bila banyak aplikasi yang dijalankan, terlebih dalam satu waktu bersamaan.

Bila dianalogikan, RAM ibarat meja kerja. Saat harus digunakan untuk bekerja meja kerja akan penuh dengan berbagai macam perlengkapan dan peralatan. Semakin besar kapasitasnya, maka akan semakin nyaman proses pengerjaannya. Demikian pula dengan RAM. Inilah mengapa dengan bekal RAM yang besar risiko lag pun bisa ditekan.

Tentu kalian setuju RAM 1 GB sudah cukup mumpuni dibanding RAM 512 MB. Sebelumnya ukuran tersebut malah sudah terbilang gahar untuk membabat banyak aplikasi dalam satu waktu. Akan tetapi, di era RAM 4 GB sekarang ini, ukuran RAM 1 GB rasanya amat kurang. Pasalnya aplikasi yang perlu diinstal dari waktu ke waktu pun semakin memakan banyak memory. Bila tidak didukung dengan penyimpanan mumpuni salah-salah smartphone kalian malah lemot macet-macet alias mengalami lag. Alhasil RAM 1 GB benar-benar terasa kurang memadai seperlu mendukung kebutuhan multitaksing aplikasi sekarang ini.

ff

Namun, kalian tidak perlu bingung. Ada tips dan trik android supaya perangkat tetap berjalan baik meski dengan bekal RAM 1GB. Dalam hal ini Redmi 2 pun menjadi salah satu produk android kelas menengah yang sudah dimodifikasi dengan tampilan interface MIUI.  Sehingga tips dan trik yang diberikan pada ulasan ini bisa langsung diuji cobakan.

Adapun MIUI pada Redmi 2 menyajikan menu khusus yang dapat kalian gunakan untuk meningkatkan kinerja RAM 1 GB. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah lengkapnya.

1. Masuk ke menu Settings, geser ke bagian bawah dan temukan opsi pilihan About Phone, pilih dan masuk ke About Phone.

2. Tekan beberapa kali tombol MIUI Version sampai kalian mendapati tulisan You are Now a Developer.

3. Tekan tombol back atau kembali. Pilih opsi Additional Settings, lalu masuk lagi ke Developer Options.

4. Lanjutkan dengan menggeser ke sisi bawah, lalu tekan Memory Optimazion, kemudian pilih opsi High, dan akhiri dengan reboot.

5. Tunggu proses berlangsung beberapa saat hingga perangkat android Xiaomi Redmi kalian kembali menyala.

6. Cek dan rasakan perbedaan kinerja RAM 1 GB sebelum dan sesudah dioptimasi.

Demikian tips dan trik android yang cukup sedehana dan mudah diaplikasikan. Dengan menjajal tips di atas, tentu kini kalian tidak perlu khawatir meski perangkat Redmi 2 yang dimiliki hanya berbekal RAM 1 GB saja.

Akan tetapi, untuk menghindari risiko lag tetap ingat untuk menggunakan perangkat Redmi 2 kalian secara bijak. Jalankan aplikasi yang memang dibutuhkan. Batasi menjalankan terlalu banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

Untuk penggunaan widget juga tidak perlu berlebihan. Karena setiap widget pada ponsel juga memakan ruang pada RAM. Meskipun memang tidak terlalu besar. Menggunakan live wallpaper seperlu mempercantik tampilan layar ponsel juga tidak ada salahnya. Hanya saja perlu kalian tahu memasang liver wallpaper dapat pula memakan memory RAM tersendiri.

Jadi benar-benar kenali kebutuhan kalian dalam penggunaan smartphone kesayangan. Sekian dan semoga memberi informasi bermanfaat untuk optimasi penggunaan RAM 1 GB pada perangkat Xiaomi Redmi 2.

Comments

comments

Share this post