5 Tips Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Android

5 Tips Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Android

5 Tips Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Android

Beberapa smartphone kelas menengah sudah mulai menerapkan standar 16 GB untuk penyimpanan memori internal. Tapi walaupun begitu masih ada smartphone yang hanya memberikan ruang 8 GB bahkan kurang untuk penyimpanan internal. Dengan semakin banyak aplikasi dan game menarik yang hadir di Play Store rasanya memori internal sangat cepat terkuras.

Untuk itu OM GADGET akan memberi 5 tips yang bisa kalian terapkan untuk melegakan memori internal. Tidak hanya untuk perangkat yang memiliki memori internal kecil, kalian juga bisa menerapkan tips ini untuk perangkat yang tidak memilik slot memori eksternal. Berikut ini adalah tips nya.

Menghapus Aplikasi Bloatware

Bloatware adalah sebutan untuk aplikasi bawaan pabrik yang fungsinya biasanya tidak terlalu dibutuhkan oleh pengguna yang mana akibatnya selain bikin memori internal menipis juga menyebabkan penggunaan RAM lebih banyak. Aplikasi ini sebaiknya dihapus saja jika memang tidak menggunakannya. Dan kebanyakan pengguna memang tidak terlalu membutuhkannya.

Hanya saja untuk perangkat yang belum mendapatkan akses root terkadang cukup sulit untuk menghapus aplikasi bloatware ini karena dilindungi oleh sistem. Tapi beberapa ada yang bisa langsung dihapus seperti biasa.

Walaupun tidak bisa dihapus tapi kalian masih bisa men-nonaktifkannya. Untuk melakukannya kalian tinggal masuk ke menu Settings > App > All. Kemudian tap aplikasi yang ingin dinonaktifkan, lalu tap Disable. Dengan cara ini setidaknya bisa membuat RAM lebih lega.

Menghapus Cache

Cache sebenarnya dibutuhkan agar saat membuka aplikasi tertentu, aplikasi tersebut tidak perlu me-load ulang file yang dibutuhkan di internet. Hanya saja lama-kelamaan file-file cache akan terus menumpuk di memori internal dan jika diakumulasikan dengan aplikasi lainnya totalnya bisa sangat besar. Bisa mencapai 500 MB hingga 1 GB!

Ada baiknya file cache ini dibersihkan secara berkala. Untuk membersihkannya kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti Clean Master atau CCleaner yang bisa didaptkan secara gratis di Play Store.

Menghapus Unduhan

Saat mengunduh suatu file baik itu video ataupun file apk maka secara default sistem akan menyimpannya ke dalam folder Download yang terdapat di memori internal. Sebaiknya hapus atau pindahkan file di dalam folder ini setelah selesai di unduh. Karena hal ini juga cukup banyak memakan memori internal jika kalian sering melakukan unduhan.

Menggunakan Folder Mount

Bagi kalian yang hobi main game ada baiknya kalian memasang aplikasi Folder Mount ini. Seperti yang kita tahu game-game biasanya menaruh data-datanya pada memori internal. Tidak jarang 1 game saja bisa menghabiskan hingga 2 GB memori internal. Dengan Folder Mount kalian bisa memindahkan data game tersebut ke memori eksternal. Tapi ingat ya gan tips ini membutuhkan akses root. Panduannya bisa kalian lihat pada postingan : Cara Memindahkan Data Game HD Ke Eksternal dengan Folder Mount

Gunakan Layanan Cloud

Layanan cloud sudah cukup populer di negara-negara maju sebagai pilihan alternatif menyimpan data. Layanan cloud memberikan kemudahan dimana kita bisa mengakses file yang kita butuhkan dimanapun dan kapanpun disemua perangkat asalkan perangkat tersebut terkoneksi kejaringan internet.

Untuk menyimpan foto maupun video kalian bisa mengandalkan Google Photos yang terintegrasi dengan akun Google kalian. Alternatif lainnya kalian juga bisa menggunakan Dropbox. Untuk musik kalian bisa menggunakan layanan streaming yang tidak terlalu banyak memakan memori.

Tapi saya tahu kalian pasti tidak terlalu suka denga tips yang terakhir ini. Karena tips ini otomatis akan membuat kuota kalian lebih cepat terkuras. Selain itu kita semua juga tahu bahwa internet di Indonesia kita tercinta ini suka ‘mood-mood an’.

Itulah 5 tips melegakan memori internal dari OM GADGET. Beberapa tips memang mengharuskan akses root agar lebih optimal dalam membersihkan memori internal. Itulah salah satu keunggulan jika smartphone kalian sudah di root. Tapi walaupun kalian masih ragu untuk melakukan root kalian masih bisa mencoba tips lainnya yang memang tidak perlu akses root.

Jika kalian punya tips lainnya untuk melegakan memori internal silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah.

Comments

comments

Share this post