3 Kekurangan Layanan Telkom Indiehome

3 Kekurangan Layanan Telkom Indiehome

Telkom sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia tidak hanya menyediakan layanan telepon dan internet saja, tapi juga mulai merambah ke layanan TV Kabel. Sebagai perusahaan BUMN sudah selayaknya Telkom bisa memberikan layanan yang ramah dan tidak terlalu memberatkan rakyat Indonesia.

Saya berlangganan Telkom Indiehome sudah sejak dari namanya masih Speedy hingga berganti seperti sekarang. Jika dihitung secara kasar saya sudah berlangganan selama kurang lebih 5 tahun. Dalam kurun waktu selama itu tentunya saya sudah merasakan berbagai macam kelebihan dan kekurangan selama menggunakan layanan dari Telkom ini.

Untuk kali ini saya akan membahas 4 macam kekurangan Telkom yang bisa menjadi pertimbangan sebelum kalian memutuskan untuk berlangganan.

Layanan All In One Yang Tidak Bisa Dipisah

Seperti yang kalian tahu yang namanya Indiehome itu adalah suatu satu paket kesatuan. Didalamnya kalian akan mendapatkan layanan Telepon, Internet (Speedy), dan TV Kabel (UseeTV) sekaligus. Memang sepertinya menyenangkan jika kita bisa mendapatkannya sekaligus. Tapi masalahnya dengan bertambahnya layanan TV Kabel maka harga yang harus kita bayarkan setiap bulannya pun terhitung tidak murah.

Sangat disayangkan kita sebagai pelanggan tidak bisa memilih salah satu layanannya saja. Saya pribadi hampir tidak pernah menggunakan layanan UseeTV dari Telkom ini karena memang tidak terlalu tertarik menonton TV. Saya lebih banyak berkutat dengan Komputer dan Internet saja.

Layanan satu paket ini saya rasa lebih cocok untuk mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Untuk ukuran saya yang masih sendiri ini rasanya sangat berat untuk membayar layanan yang tidak semuanya diperlukan.

Perubahan Kebijakan Yang Seenak Jidat

Fair-Usage-Policy-IndiHome

Yang sedang ramai terkait masalah ini adalah diterapkannya sistem FUP. Dalam sistem FUP ini kecepatan internet kita akan diturunkan setelah mencapai batas pemakaian tertentu. Misalnya dalam paket 10 Mbps maka kecepatan internet kita akan diturunkan setelah penggunaan melebihi 300 GB. Alasan dibalik kebijakan FUP ini katanya sih karena ada beberapa pengguna yang pemakaiannya tidak wajar hingga 1000 GB.

Sebenarnya saya rasa kebijakan FUP ini tidak masalah diterapkan JIKA SAJA mereka (Telkom) mengatakannya dari awal. Maksud saya mereka sudah MENJANJIKAN paket internet yang Full Unlimited tanpa batasan apapun untuk pelanggan yang mendaftar sebelum bulan Februari 2016, bulan dimana kebijakan ini mulai diterapkan. Sayangnya saya dan semua pengguna Indihome lainnya yang mendaftar sebelum kebijakan FUP tersebut diterapkan juga ikut kena imbasnya.

Memang dalam Term & Condition nya Telkom berhak merubah aturan dan kebijakan ini sesuka hati nya. Saya tahu itu. Tapi ayolah, dimana rasa kemanusiaanmu?

Pelayanan Yang Angin-Anginan

Saya tidak bilang buruk juga sih. Tapi ya gitu. Kadang cepet dan kadang lambaaaat banget. saya pernah mengalami gangguan internet Speedy dari 2 hari, 2 minggu, hingga 1 bulan lamanya. Yang baru aja kejadian pas bulan Desember 2015 kemarin internet saya mengalami gangguan hingga 2 minggu. Dapat potongan sih walaupun cuma 20%.

Itulah tadi 3 Kekurangan Layanan Telkom Indiehome yang saya rangkum dari pengalaman saya selama ini. Lalu kenapa sampai sekarang saya masih menggunakan layanan Telkom? Ya karena gak ada yang lain gan. Di daerah saya ini cuma Telkom satu-satunya yang menyediakan layanan internet kabel.

Terlepas dari kekurangan layanan Telkom yang sudah saya sebutkan diatas sebenarnya ada juga kelebihannya. Mungkin akan saya tulis dalam postingan terpisah nantinya.

Bagaimana dengan kalian gan? Bagaimana rasanya menggunakan layanan Telkom? Silahkan sampaikan dikolom komentar suka-duka nya.

Comments

comments

Share this post