Android Games

Review Pokemon Go – Konsep Inovatif + The Pokemon

Pokemon Go memiliki konsep gameplay yang sangat cerdas dan inovatif dalam sebuah video game. Dengan perpaduan teknologi Augmented Reality, Geolocation, dan tidak ketinggalan sensor Gyroscope akan membuat kita benar-benar seperti menangkap pokemon sungguhan didunia nyata. Berjalan-jalan ke area landmark didunia nyata akan membuat kita mendapatkan berbagai item  yang biasanya pada peta ditandai dengan warna biru atau biasa disebut Pokestop. Sepanjang jalan dan tempat tertentu kita juga bisa menemukan Pokemon yang muncul secara random. Walaupun random tapi pokemon yang muncul tetap sesuai dengan kondisi lokasinya, misalnya Squirtle yang mudah ditemukan di sekitar sungai, atau Ratata didaratan.

Infrastruktur Pokemon Go dibuat berdasarkan permainan Ingress yang lebih dulu hadir dari pengembang yang sama, yaitu Niantic. keduanya sama-sama game berbasis lokasi dan saling berebut kekuasaan disuatu titik lokasi. Jika pada game Ingress ada dua tim, maka pada Pokemon Go menyediakan tiga tim yang bisa dipilih ketika kita sudah mencapai level 5. Ketiga tim pada Pokemon Go tersebut adalah Valor (Merah), Mystic (Biru), dan Instinct (Kuning). Masing-masing dilambangkan dengan siluet pokemon legenda Moltress, Articuno, dan Zapdos.

Berikut Review Pokemon Go dari OM GADGET.

The Pokemon

1

Lumayan…

2

Masih cupu…

 

Pokemon sendiri adalah sebuah franchise yang begitu populer untuk mereka yang lahir pada tahun 90’an (seperti saya). Game pokemon dengan konsep seperti ini benar-benar membuat saya serasa bernostalgia. Saya senang pokemon yang dihadirkan merupakan Pokemon Gen 1 yang sudah sangat familiar bagi saya. Saya harap pokemon yang dihadirkan tidak melebihi Gen 2.

Pokemon-pokemon ini lebih mudah ditemukan di lokasi-lokasi yang padat akan penduduk. Saat smartphone kita bergetar itu menandakan ada pokemon disekitar kita. Segera tap pada gambar pokemon yang muncul dipeta sebelum mereka menghilang.

3

Untuk menangkap pokemon nya sendiri kita cukup men tap & tahan pada Pokeball hingga lingkaran berwarna hijau menjadi sangat kecil, baru setelah itu lempar (swipe keatas) ke arah Pokemon. Dengan melempar Pokeball pada saat lingkaran hijau nya kecil selain akan mendampatkan XP lebih banyak juga akan membuat kemungkinan Pokemon tertangkap lebih besar.

 

The Gym

4

6

5

Gym merupakan tempat pokemon kita bertarung dan berlatih. Gym inilah yang akan kita perebutkan dengan pemain lainnya berdasarkan Tim yang dipilih. Ambil contoh kita memilih Tim Valor (Merah) maka kita baru bisa berlatih jika Gym tersebut dikuasai oleh Tim Valor juga. Jika Gym tersebut dikuasai oleh Tim lain misalnya Mystic (Biru) maka kita harus menundukkan Tim tersebut terlebih dahulu.

The Battle

Sistem pertarungan pada Pokemon Go seperti JRPG yang artinya kita tidak bebas dalam bergerak. Tapi kita masih bisa menghindar kekiri atau kekanan. Kemenangan dalam bertarung sendiri ditentukan dari seberapa besar CP Pokemon dan seberapa besar skill serangannya. Juga dari seberapa pas timing kita dalam menghindar.

Khusus untuk menghindar saya sendiri masih bingung kapan saat yang tepat untuk menghindar. Karena setiap kali menghindar tetap saja kena serangan. Jika ada yang punya saran masalah ini mungkin bisa di share di kolom komentar dibawah.

The Evolve

7

8

Yeah!!

Tentunya tidak seru jika pokemon kita tetap seperti itu selamanya. Seperti halnya pokemon yang sudah kita kenal dari dulu, Pokemon Go pun menawarkan kemampuan evolusi pada tiap pokemon. Agar bisa berevolusi kita harus mengumpulkan pokemon jenis yang sama sampai beberapa buah hingga jumlah Candy pokemon tersebut terpenuhi untuk melakukan evolusi. Ada pokemon yang bisa berevolusi cuma 1 kali tapi ada juga yang sampai 2 kali.

The Egg

9

10

Di pokestop kadang kita juga akan mendapatkan sebuah telur pokemon. Cara untuk menetaskannya cukup unik. Yaitu kita harus membawanya jalan-jalan beberapa kilometer tergantung telur nya. Dari 2 Km, 5 Km, hingga 10 Km. Makin jauh kita harus berjalan maka makin bagus pokemon yang keluar dari teluar tersebut.

The Leveling

Level disini akan sangat berpengaruh terhadap pokemon yang kita temukan. Jika kita masih berada di level 1 maka pokemon yang kita temukan cenderung memiliki CP yang kecil. Sedangkan jika level kita sudah level 7 atau lebih maka pokemon yang kita temukan relatif memiliki CP yang tinggi pula. Cara menaikkan level sendiri dengan cara menangkap pokemon sebanyak-banyaknya.

Kesimpulan

fi

Setahu saya belum ada game berjenis Augmented Reality dan berbasis lokasi yang se booming Pokemon Go. Kalian bisa lihat dimana-mana orang membahas Pokemon Go. Entah itu di Facebook, Whatsapp, BBM, hingga media televisi pun ikut-ikutan membahas Pokemon Go.

Inti dari permainan Pokemon Go sendiri adalah menangkap pokemon sebanyaknya-banyaknya. Makin banyak pokemon makin cepat level kita naik, makin cepat pokemon kita berevolusi, makin kuat pokemon kita, dan makin-makin lainnya.

Sayangnya belum semua fitur dihadirkan. Contohnya adalah fitur PvP dan fitur Trade. Keduanya belum bisa kita rasakan pada Pokemon Go versi sekarang. PvP sendiri adalah fitur untuk bertarung antar pemain dan Trade adalah fitur bertukar pokemon antar pemain juga. Saya sendiri sangat menunggu kehadiran fitur ini. Semoga saja kita bisa menikmatinya dalam waktu dekat ini. Selain masalah fitur sayangnya Pokemon Go ini belum rsemi hadir untuk semua negara. Pokemon Go baru resmi meluncur untuk 5 negara.

Overall saya cukup puas dan enjoy memainkan Pokemon Go ini. Asik juga saat ketemu orang-orang yang sama-sama memainkan Pokemon Go di jalan. Konsep permainan yang ditawarkan Niantic benar-benar fresh dan inovatif. Kedepannya saya berharap agar dikota saya lebih banyak tersebar pokestop dan tentu saja pokemon.

Jika kalian lagi dijalan ketemu orang yang bawa sepeda motor satu tangan dengan arah yang aneh dan kadang-kadang berhenti mendadak, ketahuilah dia adalah trainer pokemon.

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters