Android

Kamus Istilah Oprek Android – [Root, Flash, ROM, CWM, etc…]

Android sebagai Sistem Operasi Open Source menawarkan berbagai kebebasan bagi penggunannya untuk memodifikasi sistem sesuai keinginan. Pada perkembangannya kegiatan memodifikasi sistem Android ini dikenal dengan sebutan Oprek. Oprek dilakukan dengan berbagai macam tujuan mulai dari melakukan MOD pada User Interface menjadi lebih cantik hingga melakukan Tweak untuk meningkatkan performa perangkat itu sendiri.

Dalam Oprek sendiri terdapat berbagai macam istilah mulai dari yang paling umum Root dan Flashing, hingga yang expert seperti MOD, TWRP, Custom ROM, dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah daftar lengkap istilah-istilah Oprek pada Android.


Root

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita.


CWM (Clockwork Mod)

Para pengguna handphone Android tentu sudah sering mendengar kata ClockworkMod recovery. Bagi pengguna handphone Android yang sudah ahli, ClockworkMod atau yang biasa disebut CWM ini sudah bukan barang asing. Terlebih bagi mereka yang kerap melakukan flashing custom ROM di handphone Android.

CWM bisa dikatakan adalah sebuah standar de facto untuk custom recovery di platform Android. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi open source yang dibangun berdasarkan Android recovery stock. Sebagai pengembangan dari recovery stock, CWM tentunya bisa memberikan kemampuan lebih dibandingkan versi asalnya.

Android recovery standar hanya bisa melakukan dua hal bagi pengguna handphone Android. Yang pertama adalah flashing file sistem yang telah terverifikasi dan ditandai baik oleh Google ataupun produsen handphone. Selanjutnya, standard recovery juga bis adigunakan untuk menghapus data user serta informasi cache.

Berbeda halnya dengan custom recovery seperti CWM. Dengan menggunakan sebuah custom recovery, pengguna handphone Android bisa melakukan lebih dari dua hal tersebut di atas. Dengan custom recovery, Anda bisa melakukan backup data user menjadi file image yang bisa di-restore dengan mudah.

Selanjutnya, pengguna handphone juga bisa melakukan flashing software yang tidak berasal dari Google ataupun produsen handphone, dalam hal ini salah satunya adalah ROM custom. CWM bisa melakukan hal tersebut di atas. Dan yang terpenting, sebagai sebuah aplikasi open source, CWM pun bisa digunakan secara gratis.


TWRP

TWRP merupkan singkatan dari Team Win Recovery Project. TWRP sendiri adalah Recovery open-source untuk android yang sudah support touchscreen. Secara keseluruhan fungsi dari TWRP sama dengan CWM, hanya dibedakan dari tampilan dan cara pengoperasian.


MOD

MOD sendiri merupakan singkatan dari modification yang berarti merubah atau memodifikasi sesuatu (umumnya pada sebuah aplikasi). Contohnya pada game Asphalt 5 yang sudah di MOD maka kalian sudah akan mendapatkan Coin yang sangat banyak dari awal permainan.


Nandroid backup

Sesuai dengan namanya nandroid backup untuk membackup sistem ponsel, internal memori dan termasuk seluruh partisi dan menyimpannya ke dalam sdcard. Hasil backup berupa folder dengan nama sesuai tgl-bln-thn-jam saat melakukan backup. Contoh, saat ini kita memakai ROM “A” yang memiliki 10 apps yang terinstal dan memakai link2sd. kemudian kita backup dengan CWM recovery. Sewaktu kita restore hasilnya akan sama seperti saat kita membackup ROM “A”, yang memiliki 10 apps dan memakai link2sd berfungsi yg dengan baik. Ini sangat membantu apabila kita suka gonta-ganti firmware yg berbeda dan ketika ingin kembali ke ROM inginkan kita tinggal lakukan restore menggunakan CWM tanpa harus flash ulang dan instal banyak aplikasi lagi. Dengan demikian kita bisa memiliki banyak versi firmware keinginan.


Restore

Seperti namanya juga, restore adalah mengembalikan kondisi ponsel sesuai kondisi saat kita backup. Jika kita punya banyak backupan dengan versi rom yg berbeda-beda dengan aplikasi yg berbeda-beda pula dan ingin kembali ke rom tertentu. Kita tinggal masukan folder
backupan ke sdcard dan restore hanya dalam hitungan 5-15 menit . Proses restore juga ada 2 pilihan yaitu semua bagian ROM atau hanya bagian tertentu yg ingin kita restore (boot,system, data,cache,sd-ext ).


Flashing

Adalah menginstal ulang Sistem Operasi (OS) berguna untuk memperbaiki Sofware jika ada masalah dan bisa juga untuk Downgrade atau Upgrade OS,proses flashing sendiri di Android bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya Via OTA atau memperbaiki OS langsung dari handset, Via PC Suite yang sudah di sediakan oleh vendor, PCsuite bisa di download dari situs resmi vendor atau bisanya disertakan DVD driver pada paket pembelian.


Tweak

Sebuah fasilitas yang tersedia pada sistem operasi yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi. Fasilitas tweak tersebut dapat memberikan trik dan otomatisasi dalam berbagai perintah pada sistem operasi, serta kemudahan dan kecepatan. Utility tersebut semakin dikembangkan, salah satunya pada sistem operasi mobile device android, sehingga semakin mudah dan menyenangkan dalam pengaturannya.contoh tweak di wt19i menambahkan fitur mobile bravia engine yang aslinya tidak ada atau java machine untuk bisa menjalankan aplikasi Java.


Kernel

Sebagai pengguna komputer, kadang kita pernah mengalami hal-hal yang membingungkan seperti komputer hank atau tidak berfungsi dengan baik, sebagai contohnya adalah ketika menggunakan OS Windows, ketika terjadi hank kadang-kadang mulcul layar biru atau di kenal dengan Blue Screen,dan biasanya ada informasi atau kata-kata KERNEL bla .. bla .. bla … sejauh ini sebagai orang awam maka jika terjadi hal tersebut maka pasti akan membooting ulang komputernya tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Nah berlandaskan hal tersebut maka ada artikel yang menarik menyangkut istilah KERNEL .. selamat membaca.

Dalam sains komputer, kernel merupakan inti dari sistem pengoperasian yang mengatur penggunaan ingatan/memori, peranti masukan dan keluaran, proses-proses, penggunaan fail pada sistem fail dan lain-lain. Kernel juga menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebut system call. System call ini digunakan untuk mengimplementasikan berbagai layanan yang diberikan oleh sistem pengoperasian. Program sistem dan semua program-program lainnya yang dijalankan di atas kernel disebut user mode. Kernel Linux terdiri dari beberapa bagian penting, seperti: pengurusan proses, pengurusan ingatan, pemacu perkakasan, pemacu sistem fail, pengurusan jaringan dan lain-lain. Namun bahagian yang terpenting ialah pengurusan proses dan pengurusan ingatan. Pengurusan ingatan meliputi penggunaan ingatan, kawasan pertukaran, bahagian-bahagian kernel dan untuk cache penimbal (buffer cache). Pengurusan proses menangani penggunaan proses-proses dan penjadualan proses. Pada bahagian dasar kernel terdapat pemacu perkakasan untuk setiap jenis perkakasan komputer yang disokong. Fungsi-fungsi kernel


Artikel ini akan terus diperbarui seiring perkembangan istilah baru dalam dunia oprek Android. Jika kalian merasa ada istilah oprek Android yang belum dimasukkan dalam artikel diatas silahkan sebutkan pada kolom komentar dibawah.

1 Comment

Leave a Comment

All for Joomla All for Webmasters