Inilah Kenapa UC Browser ‘Membunuh’ Para Blogger

Inilah Kenapa UC Browser ‘Membunuh’ Para Blogger

Saya paham kita semua tidak suka dengan iklan. Tidak ada yang suka saat sedang asik-asiknya membaca artikel ataupun menonton video di youtube kemudian malah muncul iklan yang menghalangi pandangan kita. Saya sangat paham akan hal tersebut karena saya pun juga merasakan hal itu sama seperti kalian.

Namun perlu diketahui masih banyak Blogger maupun Vlogger yang mengandalkan iklan konvensional (iklan banner semacam Adsense) sebagai sumber pendapatan utamanya. Mereka dengan visitor harian kurang dari 7000 masih terus berjuang keras menghadirkan konten yang berkualitas secara gratis untuk kita.

Loh tapi kan mereka ngeblog nya juga gratis? Gak modal apa-apa? Wong tinggal ngetik aja di internet!

Kita kesampingkan dulu investasi beli Laptop dan Kuota karena keduanya sekarang sudah umum menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat modern yang fungsinya tidak hanya untuk ngeblog. Pertama kita akan bicara masalah investasi waktu, tenaga, dan pikiran.

Waktu

Inilah Kenapa UC Browser 'Membunuh' Para Blogger

Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kita kontrol. Waktu akan terus berjalan secara pasti, tanpa bisa kita perlambat ataupun percepat. Tanpa bisa kita mundurkan atau majukan. Apapun yang kalian lakukan entah itu bekerja ataupun bersantai waktu akan tetap terus bergerak maju. Waktu yang dihabiskan para Blogger maupun Vlogger untuk membuat konten kreatif tidaklah sebentar. Setidaknya ada 3 proses yang harus dilalui agar menghasilkan konten yang berkualitas, yaitu: riset, menulis, dan  merapikan. Dan setiap prosesnya akan memakan waktu berjam-jam hingga berhari-hari tergantung banyaknya isi konten dan pengalaman sang penulis/kreator. Bahkan 3 proses tadi mungkin saja masih kurang untuk jenis konten-konten tertentu. Misalnya saja konten review gadget yang mana (biasanya) harus melakukan beberapa pengujian untuk mengetahui sejauh mana performanya.

Setidaknya ada 3 proses yang harus dilalui agar menghasilkan konten yang berkualitas, yaitu: riset, menulis, dan  merapikan

Tenaga

Inilah Kenapa UC Browser 'Membunuh' Para Blogger

Satu hal yang pasti, DUDUK BERJAM-JAM DIDEPAN LAPTOP ITU CAPEK!
Jangan dikira duduk-duduk aja itu kerjaannya enak sob. Punggung dan pinggang rasanya pegel-pegel kampret gimana gitu 😀
Dan tenaga yang paling banyak terkuras itu adalah OTAK atau PIKIRAN. Ya kali tangan kita bisa gerak sendiri ngetik di laptop tanpa perlu bantuan otak. Tangan kita hanya perantara untuk menyampaikan kepada dunia apa yang otak kita pikirkan. Berpikir setiap hari untuk selalu menghadirkan konten yang fresh dan berkualitas itu tidak mudah. Kita harus mencurahkan sebagian besar tenaga kita kepada otak dan itu sangat melelahkan sob.

Pikiran

Inilah Kenapa UC Browser 'Membunuh' Para Blogger

Seperti poin yang sudah disebutkan diatas, kita perlu terus berpikir keras setiap hari agar konten yang dihasilkan berkualitas. Udah itu aja :p

Sebagai tambahan, sangat jarang ada Blogger atau Vlogger yang Full Time, yang artinya ngeblog atau ngevlog adalah pekerjaan utama mereka. Biasanya mereka punya perkerjaan lain diluar itu untuk menunjang kebutuhan mereka. Alhasil mereka haru pintar-pintar membagi waktu, tenaga, dan pikiran mereka.

Kembali kepembahasan awal, kenapa dengan UC Browser?

Inilah Kenapa UC Browser 'Membunuh' Para Blogger

Tidak ada yang salah sebenarnya dengan UC Browser, dia cepat dan ringan. Saya juga suka menggunakannya terutama karena fitur download manager nya bagus dan stabil. Tapi ada satu hal yang sangat disayangkan yaitu fitur Ad-Blocker nya langsung AKTIF pada saat pertama kali diinstall. Ini bahkan membuat pengguna awam yang sebenarnya tidak berniat menyalakan Ad-Blocker juga tidak akan melihat iklan.

Memang hal ini menyenangkan untuk pembaca, tapi tidak untuk para blogger. Hal ini akan membuat para blogger kehilangan sebagian besar pendapatan yang harusnya bisa diperolehnya. Membuat usaha keras yang sudah mereka keluarkan terasa sia-sia. Hal ini membuat blogger terdengar seperti orang yang mata duitan dan tidak iklas membagikan illmu nya kepada dunia.

Tapi realistis aja sob, berapa lama kalian bisa bertahan melakukan sesuatu tanpa timbal balik? Kalian bisa berdalih melakukannya karena hobi dan iklas berbagi ilmu demi membantu sesama. Tapi yang jadi pertanyaan BERAPA LAMA?

Agak ironi melihat UC Browser menyembunyikan iklan blogger terhadap pengguna namun aplikasi UC Browser sendiri mengandalkan iklan untuk meraih pendapatan.

Perumpamaan alias Contoh

Asumsikan ada 2 orang yang hobi ngeblog bernama Asep dan Budi. Keduanya memilik pendapatan rata-rata yang sama per bulan yaitu 2 juta rupiah.

Asep adalah seorang Full Time blogger. Dia tidak mempunyai pekerjaan lain sehingga bisa mendedikasikan 70-80% waktunya dalam sehari untuk menulis di blog.

Budi adalah seorang Half Time blogger. Dia punya pekerjaan/kesibukan lain sebagai pegawai kantor sehingga Budi hanya bisa menyisihkan 20-30% waktunya dalam sehari untuk menulis di blog. Paling banter Budi hanya bisa menyisihkan sampai 50% dengan konsekuensi waktu tidurnya dipotong.

Dari asumsi diatas, siapa yang menurut kalian paling produktif ngeblog?

Secara kasarnya sudah pasti Asep yang hanya fokus ngeblog akan lebih produktif dibandingkan si Budi kan?
Kemudian bayangkan pendapatan Asep dari blog nya turun menjadi 1 juta rupiah karena banyaknya pembaca yang menggunakan Ad-Blocker, tidak terkecuali UC Browser. Mau tidak mau Asep harus mencari tambahan pekerjaan lain agar dia bisa bertahan hidup. Setelah mendapat pekerjaan lain, akhirnya Asep akan menjadi seperti Budi yang hanya bisa menyisihkan 20-30% waktunya untuk ngeblog. Otomatis produktifitas Asep dalam ngeblog juga akan berkurang.

Kesimpulan

Saya disini tidak untuk menyuruh kalian menghapus UC Browser, Ad-Block atau yang semacamnya. Itu adalah hak kalian bagaiman menggunakannya. Saya disini cuma ingin menyampaikan “Begini loh sebenarnya jadi blogger itu” sehingga kita bisa sama-sama menghargai jerih payah orang lain.

Bagi saya ya sob, sebenarnya iklan yang berbentuk banner itu tidak terlalu mengganggu kok asal peletakannya yang tepat dan tidak mengganggu isi tulisan. Bahkan kadang saya terbantu saat iklan yang muncul sesuai dengan apa yang sedang saya cari. Ini bagi saya loh ya jika posisi saya sebagai pembaca, gak tau bagi pembaca yang lain. Tapi untuk iklan yang berbentuk pop-up emang agak ngeselin sih, apalagi jika munculnya berlapis-lapis.

Tulisan diatas adalah pendapat saya tentang kehadiran Ad-Block secara default pada UC Browser.
Bagaimana dengan kalian?
Apakah kalian juga merasakan hal yang sama atau punya pendapat lain?
Saya sangat terbuka dan tertarik untuk mendengar suara-suara lainnya. Silahkan ungkapan pendapat kalian secara bebas di kolom komentar dibawah ya sob 🙂

Comments

comments

Share this post