Cara Mudah Mengatasi Smartphone Lama Di Charger

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Lama Di Charger

Akhir-akhir ini Kami sering mendapat keluhan Tentang HP Xiaomi yang di charger sangat lama atau bahkan tidak bisa mengisi sama sekali . Jika dilihat dari penyebab Smartphone dicas / charger sangat lama dan kadang malah menjadi panas. Ini bisa disebabkan berbagai faktor.  tidak bisa kita langsung vonis bahwa baterai Smartphone rusak.

Ya, bisa saja memang baterai Smartphone sobat sudah rusak. Tapi jika HP masih terbilang baru dan tidak terlalu memforsir baterai maka ada kemungkinan penyebab lain. Gejala smartphone lama di charger bisa kalian cari tahu penyebabnya melalui tulisan dibawah ini. C’mon sob!

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Lama Di Charger

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Lama Di Charger

Beberapa penyebab dan cara mengatasi Smartphone tidak mengisi

Sekarang kita akan coba cari tahu apa saya penyebab Smartphone di charger tidak mengisi, panas dan lama penuh. Sebelum itu sobat mungkin ingin membaca dulu artikel yang pernah saya tulisa mengenai baterai smartphone lain dibawah ini.

Oke berikut pembahasannya.

1. Charger yang Abal-Abal

Seringkali kita meremehkan kualitas charger yang kita gunakan. Walaupun saat ini kebanyakan Smartphone menggunakan charger tipe micro USB sehingga cocok bisa digunakan di semua Smartphone. Namun bisa digunakan belum tentu cocok.

Kita harus menyesuaikan permintaan daya ampere Smartphone. Karena disetiap Smartphone memiliki standart khusus agar bisa di charger lebih cepat.

Nah, berhubungan degan cara mengatasi Smartphone di charger tidak mengisi, sobat bisa melakukan pengecekan pertama di charger. Gunakan atau ganti charger dengan kualitas bagus. Pilih adapter charger minimal dengan amper 2.0 jangan yang abal-abal murahan.

2. Masalah Kabel USB

Pemilihan kabel yang abal-abal juga bisa memicu Smartphone di charger tidak mengisi atau sangat lama bertambah. Biasanya charger yang bisa diganti-ganti kabel USB nya membuat kita jadi sembarangan menggunakan kabel asal cocok saja.

Padahal kabel USB juga sangat pengaruh untuk mengantar arus saat proses pengecasan. Untuk itu, bisa sobat coba dengan mengganti kabel kualitas bagus. Kabel USB yang bagus bisanya memiliki merk tersendiri. Seperti contoh Vivan, Remax yang banyak beredar dipasaran

3. Aplikasi yang menumpuk

Aplikasi yang menumpuk terbuka juga bisa membuat Smartphone lemot .Aplikasi yang Menumpuk  Juga bisa memperlambat pengisian daya.

Sebelum men cahrger Smartphone sebaiknya keluarkan semua aplikasi yang berjalan. Untuk menutup cepat bisa dengan cara restart Smartphone sebelum men cahrger. Lebih baik lagi jika proses charging Smartphone dalam keadaan mati.

4. Masalah System

Smartphone di charger tidak mengisi atau lama juga bisa disebabkan karena kesalahan sistem operasi. Apalagi jika sobat masih menggunakan ROM oprekan atau Custom Rom . Sederhananya Custom Rom tersebut di buat oleh para pengembang bukan dari developer resmi pabrikan Smartphone anda jadi otomatis tidak bisa menjamin bahwa Rom (CustomROm) buatan mereka steril dari berbagai virus dan malware.

Perlu anda ketahui bahwa malware bisa saja merusak atau mengecoh berbagai system pada Smartphone anda sehingga  pada jalur pengisian daya menjadi eror atau sebagainya

5. Port USB yang bermasalah

Seiring penggunaan yang terus menerus, colokan USB Smartphone sobat juga bisa bermasalah. Salah satunya adanya kotoran atau kerak yang masuk kedalam colokan USB. Jika sudah berkerak, maka proses pengecasan juga akan terhambat.

Untuk mengatasinya, sobat bisa mencoba membersihkannya dengan sikat gigi atau cutonbad dan pastikan di dalam colokan USB tidak ada kotoran yang mengambat. Pengalaman sistemhape sering sekali ada yang menghambat sehingga USB charger tidak bisa masuk dengan sempurna. Sobat bisa membersihkannya menggunakan jarum, tapi hati-hati jangan sampai ada yang konslet.

Untuk Smartphone yang sudah habis dan benar-benar tidak bisa hidup. Untuk pertolongan pertama sobat bisa menggunakan charger desktop. Namun jika HP menggunakan baterai taman, bisa mencoba dengan charger dengan amper besar 2.1A. Atau charger menggunakan komputer, laptop.

Jika cara diatas tidak juga membuahkan hasil, bisa jadi Smartphone sobat memang harus dibawa ke Service Center sesuai type Smartphone sobat .

sekian informasi dari kami bila ada yang tidak di mengerti atau ada permasalahan lain silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Comments

comments

Share this post