Panduan Mudah AMP untuk Blog WordPress

Published by OM GADGET on

AMP ini selain membuat blog kita secepat kilat, juga akan sangat berpengaruh terhadap SEO bagi para pengguna WordPress. Algoritma Google terbaru akan memperhitungkan ke-relevan-an sebuah blog dengan kata kunci yang sedang kita cari. Namun selain itu juga akan mendahulukan blog-blog yang sudah support teknik ‘kilat’ untuk tampil di awal halaman bahkan peringkat pertama.

Untuk membuktikannya kalian bisa coba lakukan eksperimen sendiri. Cobalah cari kata kunci tertentu pada mesin pencari Google. Misalnya “Cara Root Android bla bla bla”. Jangan lupa aksesnya via mobile ya sob. Hampir sebagian besar website yang muncul pada peringkat pertama adalah website yang memiliki logo peitr.

Blog ini sendiri sebenarnya tanpa ‘teknik kilat’ pun sudah sangat cepat diakses via mobile. Hanya saja dengan teknik tersebut blog ini jadi sueeeeperr kenceng hampir tanpa loading sama sekali. Bahkan rasanya seperti sedang mengakses website offline saja.

Anyway saya menggunakannya karena faktor SEO. Seperti yang saya bilang diatas tadi, ini adalah salah satu cara optimasi SEO.

website dengan AMP ditandai dengan logo petir

Cara Pasang AMP pada Blog WordPress

Cara pasangnya sangat simpel sih sebenarnya sob. Tinggal install plugin dan seting-seting sedikit. Begini caranya.

  1. Install plugin Accelerated Mobile Pages.
  2. Aktifkan plugin tersebut.
  3. Masuk ke menu AMP > Settings > General. Seting seperti gambar dibawah ini.
    Tips Seting AMP pada WordPress
  4. Masuk lagi ke menu AMP > Design. Silahkan pilih tema yang sobat inginkan. Saya pilih yang Swift sih.

Yak, sudah. Untuk sementara seperti itu sudah cukup sih sob untuk awalan. Ditunggu saja mungkin butuh waktu beberapa lama sampai Google mendeteksi halaman ‘kilat’ kita. Website kita baru akan muncul logo petirnya pada halaman pencarian Google jika kita mengaksesnya via mobile.

Tapi jika sobat penasaran, sobat bisa langsung coba mengaksesnya dengan menambahkan “/amp” pada bagian belakang alamat website sobat. Contohnya jika ingin mengakses http://om-gadget.com tambahkan sehingga menjadi http://om-gadget.com/amp.

Baca juga tulisan saya tentang Inilah Kenapa UC Browser ‘Membunuh’ Para Blogger.

Akhir kata jangan lupa LIKE (Fanpage ini), SHARE, dan COMMENT.

Comments

comments

(Visited 87 times, 1 visits today)

OM GADGET

Pecinta teknologi yang bersemangat. Seorang blogger dengan tingkat keingintahuan tinggi. Merupakan Admin sekaligus Author dari web om-gadget.com ini. Petualangannya dimulai pada tahun 2005 ketika dipercaya mewariskan sebuah komputer tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.